250517 SERDA HAMDAN TANAMKAN NASIONALISME DENGAN WAWASAN KEBANGSAAN

 

Tajurhalang, (MetroBali.com) –

Babinsa Tajurhalang, Serda Hamdan Sutawijaya memberikan pelajaran materi wawasan kebangsaan pada acara kemah pramuka di SMA N 1 Tajurhalang Jln Raya Tajurhalang no 6 Rt 03/07 desa Tajurhalang kecamatan Tajurhalang kabupaten Bogor, Rabu (24/5/17).

Memupuk rasa cinta tanah air (nasionalisme) dan rela berkorban SMA N 1 Tajurhalang menyelenggarakan kegiatan perkemahan selama dua hari di sekolah. Pihak sekolah menilai perlu diadakan kegiatan yang mengacu pada tumbuh dan terbentuknya jiwa jiwa patriot pada generasi muda terutama siswa yang sedang belajar di SMA N 1 Tajurhalang. Melihat realita dilapangan dimana rasa kebangsaan pada generasi muda usia belasan sudah mulai terkikis oleh sifat-sifat egoisme.

Kegiatan perkemahan (camping) diikuti oleh sebagian besar siswa siswi SMA N 1 Tajurhalang. Ada sekitar 400 pelajar turut ambil bagian mengikuti kegiatan perkemahan sebagai pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) yang diwajibkan bagi peserta didik. Kegiatan ini juga ditujukan membentuk pribadi pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan,cinta tanah air, tangguh, optimis dan peka terhadap lingkungan sosial.

Beberapa Guru pengajar melaksanakan pengawasan secara melekat terus menerus terhadap seluruh rangkaian kegiatan perkemahan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegiatan kegiatan yang menyimpang dari tujuan utama bahkan kontra produktif pada sasaran utama penyelenggaraan kegiatan perkemahan.

Kedekatan Babinsa dengan pihak sekolah begitu terasa di SMA N 1 Tajurhalang. Pembinaan yang selama ini dilakukan oleh babinsa meninggalkan kesan istimewa dikalangan guru maupun murid disana. Terbukti dengan dipercayanya babinsa memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan bela negara pada penyelenggaran kegiatan perkemahan siswa. “Kami sangat dekat dengan pak Hamdan, beliau sudah seperti bapak, kakak bahkan sahabat bagi kami.” Ujar salah satu Siswa.

Serda Hamdan merasa miris dan prihatin melihat adanya sekelompok kecil generasi muda memiliki kecenderungan anti sosial melakukan kegiatan kegiatan yang merugikan kepentingan masyarakat kebanyakan. Oleh karena itu babinsa terus menjalin kebersamaan dengan pihak sekolah berusaha memupuk jiwa kebangsaan siswa siswi agar mengakar kuat serta membentuk jiwa jiwa siswa yang memiliki kepribadian tangguh.

Babinsa Tajurhalang terjun langsung bergabung dengan kegiatan perkemahan. Babinsa memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada peserta kegiatan perkemahan sebagai salah satu usaha Koramil 04/Bojonggede dalam melaksanakan pembinaan Geo Demo Konsos diwilayah binaan. Ini dirasa perlu dan sangat relevan dengan kondisi bangsa Indonesia terkini dimana potensi potensi Ideologi yang tidak sejalan dengan Pancasila mulai menampakan gejala pemunculan.

Dengan gaya dan bahasa komunikasi yang mudah diterima menyesuaikan tingkat usia pelajar, Serda Hamdan memberikan gambaran gambaran tentang jiwa patriotik yang bisa di lakukan oleh pelajar usia belasan. Hamdan serius berpesan untuk tidak sekali kali lengah dan tergoda hal hal yang bisa merusak masa depan semisal narkoba.

“Kalian sebagai calon penerus bangsa harus miliki badan sehat, jiwa yang kuat serta pribadi yang mulia. Di laut, dihutan bahkan didalam tanah yang sekarang kita pijak mengandung kekayaan alam yang hanya bisa dinikmati jika kalian miliki tiga syarat diatas. Besar harapan saya semoga kekayaan alam bangsa ini dapat dikelola oleh generasi sehat masa depan yang miliki pribadi mulia sehingga kekayaan itu menjadi berkah bagi segala penjuru negeri.” jelas Serda Hamdan. RED-MB