HUT IBI Badung, Bidan Delima Harus Mampu Bertahan

Metro Bali
single-image

Badung (Metrobali)-

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Kabupaten Badung dipusatkan di Wantilan Desa Sibang Kaja, Kamis (28/7) kemarin. Peringatan tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng serta dirangkaikan dengan bakti sosial IBI dengan pemeriksaan kesehatan gratis.

Bupati Badung yang pada kesempatan tersebut diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Komang Sutrisna menekankan, program inovatif IBI Badung dalam rangka peningkatan pelayanan kebidanan bagi bidan praktek swata yakni bidan delima harus mampu dipertahankan. ”Program inovatif IBI dengan membentuk bidan delima patut dipertahankan, dimana 80 bidan delima yang ada saat ini di Badung sudah tentu menjadi kebanggaan bagi organisasi IBI sendiri dan bagi pemerintah kabupaten Badung,” katanya.

Ketua Panitia HUT IBI Ni Nyoman Rai Sudani, AMD, KEB. SH melaporkan, salah satu terobosan yang ingin dikembangkan IBI Badung yakni setiap bulan sekali seluruh kader posyandu lansia dan balita melakukan latihan senam bersama sekaligus diadakan kegiatan menabung dan membahas permasalahan yang ditemukan di posyandu masing-masing. Dijelaskan, keberadaan bidan di Badung tahun 2011, jumlah anggota 286 orang, fasilitator bidan delima 11 orang, bidan delima 80 orang, bidan praktek pemula 42 orang dan bidan PTT 59 orang. Khusus untuk bidan PTT yang ditempatkan disemua desa di Badung dimohonkan untuk diberikan prioritas agar bisa diangkat menjadi PNS, karena tugas dan tanggungjawab bidan PTT sebagai bidan Poskesdes sangat mendukung keberadaan desa siaga di seluruh desa di Kabubaten Badung.

Sementara itu Ketua PD IBI Provinsi Bali Putu Sukarini, SST. MM saat membacakan sambutan Ketua Pengurus Pusat IBI menekankan, bahwa bidan sebagai anggota IBI memberikan pelayanan kebidanan pada semua tatanan pelayanan kesehatan yaitu tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier. Ditambahkan, Pengurus Daerah IBI ada sebanyak 33, pengurus cabang 445 dan pengurus ranting 1.944.

Baca Juga :
INDONESIA GOES PINK 2017: Ribuan Suara Para Penyintas Kanker Payudara dari Seluruh Indonesia

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Badung I Putu Sutarta, Wakil Ketua TP PKK Badung Ny. Sri Sudikerta, Ketua Gatriwara Ny. Giri Prasta serta anggota IBI Badung dan masyarakat Desa Sibang Kaja.

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.