Buleleng (Metrobali.com)-

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak berkaki empat dilaporkan telah menyebar pada sejumlah daerah di Kabupaten Buleleng.

Dalam hal ini, Satgas PMK Kabupaten Buleleng menyiapkan 1000 dosis vaksin PMK telah siap untuk disalurkan ke hewan ternak pada wilayah yang memiliki kasus hewan ternak terpapar yaitu Desa Lokapaksa dan Desa Pejarakan, pada Kamis, (7/7/2022) lalu

Satgas PMK mengerahkan sebanyak 10 tim yang masing-masing terdiri dari 10 orang petugas berpencar untuk melaksanakan vaksinasi terhadap hewan ternak, khususnya sapi yang berada dalam radius terpapar.

Selain itu, sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat bersinergi dengan pemerintah desa setempat serta TNI dan kepolisian.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa usai meninjau vaksinasi mengatakan pihaknya terus menambah stok vaksin agar dapat memenuhi kebutuhan di Kabupaten Buleleng.

“Hari ini kita dari Pemkab sudah sediakan 1000 dosis, nanti dari Pemprov Bali juga akan datang lagi 1000 dosis. Dari pemerintah pusat juga akan menyalurkan bantuan vaksin PMK lebih banyak lagi dalam waktu dekat.” ungkapnya

Pelaksanaan vaksinasi PMK disambut baik oleh para peternak, seperti yang diucapkan salah satu peternak yakni Komang Adnyayasa selaku Ketua Kelompok Simantri Nandi Swara, Dusun Sorga, Desa Lokapaksa.

“Kami berharap semoga melalui vaksinasi ini hewan ternak para peternak dapat terhindar dari PMK.” tandasnya.

 

Pewarta : Gus Sadarsana