Usulan Wabup Kembang Bangun SMA Negeri Disetujui Gubernur Bali

metrobali
single-image

 

Jembrana (Metrobali.com)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyetujui usulan Pemkab Jembrana agar di Kecamatan Negara dibangun SMA Negeri. Tidak hanya disetujui, sekolah ini (SMA Negeri) akan dibangun Pemprov Bali mulai tahun 2021 mendatang.

Kepastian akan dibangunnya SMA Negeri di Kecamatan Negara disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster seusai launching vidio Bali Bangkit secara virtual di Kantor Bupati Jembrana, Minggu (26/7).

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan pembangunan SMA Negeri di Kecamatan Negara guna meningkatkan layanan pendidikan di Bumi Mekepung dan untuk pemerataan akses sekolah khususnya tingkat sekolah menengah atas.

Sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 mengamanatkan kewenangan pengelolaan SMA / SMK tidak lagi oleh kabupaten, namun diserahkan kepada Pemerintah Provinsi. Penyerahan ini dilaksanakan sejak 2016 dan harus tuntas pada tahun 2017.

Sementara itu, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan pada kesempatan sama mengaku bersyukur usulannya terkait pembangunan SMA Negeri di Kecamatan Negara disetujui Pemprov Bali.

Menurutnya pembangunan SMA salah satu prioritas pembangunan Pemkab Jembrana disektor pendidikan. Disamping itu, pembangunan SMA baru untuk perluasan layanan sekaligus mendekatkan akses pendidikan dengan masyarakat.

“Kami bersukur atas komitmen Pemerintah Provinsi Bali, terhadap perkembangan dunia pendidikan di Jembrana. Terlebih dibawah kepemimpinan Pak Koster yang selama ini beliau dikenal sangat konsen akan dunia pendidikan” ujar Wabup Kembang.

Ditambahkan Kembang, pembangunan SMA Negeri nanti akan menambah jumlah sekolah di Jembrana. Saat ini memang Kecamatan Negara satu-satunya Kecamatan di Kabupaten Jembrana yang belum memiliki SMA Negeri, namun ada dua SMK Negeri.

Kendati disebutnya, jarak kecamatan Negara dan Jembrana relatif dekat, tapi keberadaan SMA negeri nanti cukup vital. Terutama dalam rangka peningkatan mutu dan akses pendidikan.

Baca Juga :
Sekda Tinjau Kesiapan OPD di Badung : Pastikan pelayanan publik berjalan dengan baik

“Tentu banyak sekali dampak positif dari pembangunan gedung SMA Baru nanti. Namun terpenting kita berharap akses pendidikan akan lebih mudah, dan itu bisa dinikmati masyarakat Jembrana,” pungkasnya. (Komang Tole)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.