Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sekaa Mekepung Dukung Kembang Hartawan Maju Pilkada Jembrana 2020

Metro Bali
single-image

Dukungan dan dorongan kepada I Made Kembang Hartawan untuk maju pada Pilkada Jembrana 2020 semakin menguat. Kali ini dukungan datang dari sekaa Mekepung se-Jembrana.

Jembrana (Metrobali.com)-

Dukungan dan dorongan kepada I Made Kembang Hartawan untuk maju pada Pilkada Jembrana 2020 semakin menguat. Kali ini dukungan datang dari sekaa Mekepung se-Jembrana.

Mereka menilai figur Ketua DPC PDIP Jembrana I Made Kembang Hartawan sangat cocok menjadi pemimpin Jembrana karena memiliki kecakapan dan integritas dalam membangun Jembrana kedepan.

Terlebih lagi komitmen I Made Kembang Hartawan yang juga Wakil Bupati Jembrana sudah terbukti dalam pelestarian dan penguatan budaya Jembrana khususnya tradisi Mekepung.

“Bapak Kembang Hartawan sosok yang ideal. Selain berbekal pengalaman yang komplit karena pernah memimpin legislatif dan eksekutif, juga kiprah nyata beliau sudah dirasakan anggota sekaa mekepung” ujar Made Mare, Ketua Sekaa Mekepung Jembrana, Senin (12/8) malam.

Bahkan lanjutnya, berkat semangat beliau event Mekepung Gubernur Cup yang sempat vakum selama 10 tahun terbukti sukses bisa digelar kembali.

Lebih jauh, ia juga menaruh harapan kepada sosok Kembang Hartawan untuk membawa pembangunan Jembrana lebih baik. Sosok Kembang dinilai energik, luwes bergaul dengan berbagai kalangan dan memiliki visi serta ide-ide segar pembangunan Jembrana kedepan.

“Kami berharap banyak serta mendukung Kembang Hartawan dalam pilkada nanti. Terutama mewakili aspirasi sekaa mekepung” tandas mantan Perbekel Desa Melaya ini.

Karena kata Mare, tradisi Mekepung tidak bisa dilepaskan dari karakter agraris masyarakat Jembrana yang hidup dari pertanian dan perkebunan.

Hal senada juga disampaikan Kurnia Artawan, salah seorang anggota sekaa Mekepung, asal Kelurahan Pendem. Ia mendukung Kembang Hartawan untuk maju sebagai Bupati dalam Pilkada 2020 karena kiprah nyata selama ini sudah banyak dirasakan anggota sekaa mekepung.

Baca Juga :
Digelar 5 Hari dan Diikuti 52 Kontingen, Rabu Besok, “KSSL 2018” Dibuka Bupati Badung

“Kami mencari pemimpin tentunya yang sudah berpengalaman dan paham masyarakat Jembrana. Selama ini sekaa mekepung juga sudah banyak dibantu. Semoga nanti bisa terpilih dan lebih banyak lagi memperhatikan aspirasi sekaa” ujar Artawan.

Senentara itu I Made Kembang Hartawan mengapresiasi dukungan dari Kelompok sekaa mekepung tersebut. Bahkan Kembang mengatakan akan tetap memperjuangkan mekepung, sebagai warisan tradisi satu-satunya yang hanya ada di Kabupaten Jembrana.

Salah satu gagasannya adalah mewujudkan festival Mekepung. “Event Mekepung nanti kita kemas lebih baik dalam bentuk festival. Tidak hanya sehari seperti selama ini, tapi tiga hari agar ada rangkaiannya, “paparnya.

Hari pertama disebutnya akan ada tatap muka atau sarasehan dengan anggota sekaa , pameran kuliner, kerajinan Jembrana serta edukasi tentang cara pemeliharaan kerbau dan merawat luka sampai membuat pecut serta rumbing yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat.

Sedangkan dihari kedua dijelaskannya akan ada Mekepung Lampit yang digelar tidak jauh dari sirkuit mekepung. Sedangkan dihari ketiga sekaligus menutup acara barulah dilombakan mekepung darat yang diawali dengan parade seluruh kerbau pacuan lengkap bersama jokinya. Nantinya, agar lebih menarik penampilan atau payasan joki ini juga akan dinilai saat parade.

“Festival ini tentunya tidak akan merubah tradisi serta orisinilitas Mekepung yang sudah ada, hanya mengemas agar lebih menarik dan tidak monoton. Ini juga untuk mendukung tradisi mekepung sebagai daya tarik wisata,” papar Kembang dihadapan puluhan anggota sekaa Mekepung. (Komang Tole)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.