Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Anggota Legislatif dari PSI Sumbangkan Gaji Bantu Tangani Corona, Emiliana Sri Wahjuni: Rakyat Memanggil Harus Kita Layani

Metro Bali
single-image

Foto: Anggota DPRD Kota Denpasar dari PSI Emiliana Sri Wahjuni saat virtual meeting dengan DPP PSI, Jumat (3/4/2020).

Denpasar (Metrobali.com)-

Pandemi virus Corona atau Covid-19 adalah musuh kita bersama. Semua elemen pun bergerak secara gotong royong melawan dan memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Tak terkecuali juga anggota legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di seluruh daerah yang terus bergerak atas dasar solidaritas dan rasa kemanusiaan mengerahkan segala upaya membantu masyarakat terdampak Corona.

Bahkan di sejumlah daerah, sejumlah anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota dari PSI ada yang sampai tergerak secara spontan atas inisiatif sendiri tanpa dikomando dengan menyumbangkan gajinya untuk dua bulan ke depan membantu kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya terharu dengan solidaritas dan rasa kemanusiaan teman-teman Anggota Dewan dari PSI yang sampai secara spontan di kondisi saat ini menyumbangkan gajinya untuk masyarakat,” kata Emiliana Sri Wahjuni, Anggota DPRD Kota Denpasar dari PSI, Jumat (3/4/2020), saat diminta tanggapan melihat kader-kader PSI yang berhati luhur dan peka terhadap situasi akibat pandemi Covid-19

Emiliana Sri Wahjuni sendiri juga melakukan hal yang tidak kalah totalitas membantu masyarakat menghadapi situasi sulit dan emergency saat ini. Bahkan sejak baru dilantik sebagai Anggota DPRD Kota Denpasar periode 2019-2024, Srikandi PSI ini mendedikasikan sebagian besar penghasilan/gajinya di DPRD Kota Denpasar untuk dikembalikan dalam berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat.

Jadi menyumbangkan gajinya untuk masyarakat bukan hal baru bagi Anggota DPRD Denpasar Dapil Denpasar Selatan dari PSI ini dan tetap dilakukan hingga saat ini. Bukan juga dilakukan tidak hanya saat kondisi pandemi Covid-19 saat ini namun menjadi komitmen yang melekat dan bentuk pengabdian serta pelayanan kepada masyarakat sejak awal dilantik menjadi wakil rakyat.

Baca Juga :
Bupati Artha Doakan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Berjalan Aman

Dalam situasi keprihatinan akibat dampak virus Corona ini, Emiliana Sri Wahjuni yang juga Sekretaris Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar ini makin tergerak untuk bisa melayani dan membantu lebih banyak orang-orang, khususnya mereka yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan.

“Sekarang rakyat memanggil, rakyat sekarang sedang menderita, harus kita layani dengan baik. Sudah sewajarnya sebagai Anggota Dewan membantu masyarakat. Saya dipilih masyarakat jadi apa yang saya dapat, baik gaji, tunjangan dan lainnya saya kembalikan ke masyarakat,” kata Emiliana Sri Wahjuni.

Emiliana Sri Wahjuni saat memberikan cairan hand sanitizer kepada warga.

Di sisi lain, DPP PSI baru saja menginstruksikan kepada seluruh anggota legislatif dari PSI agar menyumbangkan minimal 50 persen atau setengah gajinya untuk membantu pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal ini berdasarkan hasil rapat online (virtual meeting) Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie dan jajaran bersama dengan anggota legislatif PSI seluruh Indonesia Jumat sore ini (3/4/2020).

“Sebelum ada instruksi DPP, anggota Dewan dari PSI sudah berinisiatif berbagi dengan masyarakat sekitar dan cara berbagi pun berbeda-beda. Sekarang disepakati sumbangkan separuh gaji anggota Dewan. Ini bagus kerjasama, team work. Dan saya pun sudah dari awal sudah berbagi dengan masyarakat,” kata Emiliana Sri Wahjuni.

Seperti diketahui Emiliana Sri Wahjuni sebelumnya semakin intensif membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ini membagikan masker, cairan disinfektan, hand sanitizer, sabun antiseptik hingga juga sembako kepada masyarakat yang kurang mampu.

Rumah Kreatif Emiliana Sri di Kerta Dalem Mansion, Sidakarya juga dijadikan semacam Posko Tanggap Darut Covid-19. Dimana dari sana ia juga banyak menerima keluhan masyarakat terkait berbagai kesulitan yang mereka hadapi.

“Tugas saya sekarang seperti jadi tempat curhat dan mengeluh masyarakat, dengarkan keluhan orang-orang yang gaji dipotong, dirumahkan. Saya juga jadi mediator atas permasalahan mereka,” ujar ibu dari dua orang putri ini.

Baca Juga :
Gubernur Pastika akan Gelar Simakrama dan Menginap di Desa Pedawa

“Kalau saya tidak bisa bantu maksimal rasanya beban, sedih. Jadi apa yang saya bisa bagi ya tetap saya bagi kepada masyarakat. Mari kita berdoa bersama wabah virus Corona ini kelak berlalu,” imbuh Emiliana Sri Wahjuni.

Emiliana Sri Wahjuni bersama warga di Rumah Kreatif Emiliana Sri Wahjuni.

Ia juga mengajak bagi masyarakat yang kondisi ekonominya lebih mampu agar ikut tergerak membantu masyarakat di sekitar atau tetangga terdekat yang kurang mampu, misalnya dengan ikut memberikan bantuan sembako atau kebutuhan makan sehari-hari.

“Anti lapar dan kebutuhan sehari-hari masyarakat ini yang kita juga pikirkan dan bantu bersama-sama. Kita bantu bersama-sama dengan gotong royong,” ajak tokoh perempuan yang dikenal bersahaja dan sangat dekat dengan masyarakat ini.

Ia pun kembali mengajak agar masyarakat taat dan disiplin mematuhi dan menjalankan semua himbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Yang terpenting yakni disiplin menjalankan pembatasan sosial atau menjaga jarak, tetap tinggal di rumah dengan bekerja, belajar dan berdoa dari rumah.

“Kedisiplinan satu orang menjalankan semua anjuran dan himbauan pemerintah bisa menyelamatkan ribuan nyawa. Jadi mari kita disiplin diri, gotong royong bersatu melawan Corona. Dan semoga badai Corona ini lekas berlalu,” tutup Emiliana Sri Wahjuni. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.