Mangupura (Metrobali.com)-

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung Nyonya Ratna Gde Agung kembali membantu penderita kanker payudara asal Mengwi Ida Ayu Kompyang Raka (59), Jumat (23/9). Ini sebagai bentuk kepedulian YKI Cabang Badung kepada masyarakat yang menderita kanker, sekaligus sebagai salah satu program terobosan dalam rangka persiapan lomba Pelaksana Terbaik Program Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat sekolah tahun 2011.

Ditemui disela-sela menyerahkan bantuan di Mengwi Ny. Ratna Gde Agung didampingi Camat Mengwi IB Oka Dirga dan drg. Nesya mengatakan, YKI Cabang Badung sangat peduli terhadap masyarakat yang menderita penyakit kanker. Tak dipungkiri setiap mendapat informasi maupun laporan terkait adanya masyarakat yang kena kanker pasti dikunjungi untuk dibantu sekaligus memotivasi agar penderita tetap kuat dan tidak putus asa. Seperti yang dilakukan Rabu (21/9) lalu YKI bersama Siswa SMPN 2 Abiansemal juga membantu penderita kanker asal Sibang Gede dan para siswa memberi penyuluhan tentang bahaya kanker.

Lebih lanjut dikatakan, menjelang lomba Pelaksana Terbaik PKTP tingkat sekolah, Kabupaten Badung dalam hal ini diwakili oleh tiga sekolah yaitu SDN 3 Legian, SMPN 2 Abiansemal dan SMAN 1 Abiansemal. YKI telah melakukan pembinaan dan mengarahkan para siswa untuk terjun langsung ke masyarakat guna melakukan sosialisasi. “Ini terobosan dari YKI Cabang Badung dengan mengarahkan para siswa agar berani memberi penyuluhan tentang kanker kepada masyarakat. Seperti dilakukan SMAN 1 Abiansemal memberi penyuluhan kepada pedagang di Pasar Blahkiuh, juga kepada ibu-ibu PKK dan pegawai Kecamatan Abiansemal. Sementara siswa SMPN 2 Abiansemal juga telah melakukan penyuluhan kanker kepada masyarakat yang mengikuti nyekah massal di Desa Adat Sedang,” katanya.

Disamping itu YKI juga bekerjasama dengan Yayasan Sehati melakukan pemeriksaan pap smear bagi guru-guru. Bagi pasien yang belum mendapat penanganan diarahkan ke Klinik Ratna yang dimiliki YKI Cabang Badung bertempat di Puspem Badung, Sempidi. Di Klinik Ratna para pasien mendapat pemeriksaan pap smear dan vaksinasi pencegah kanker leher rahim. “Saat ini di Klinik Ratna sedang dilaksanakan vaksinasi (HPV Servarix) pencegah kanker leher rahim. Untuk itu bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan pap smear bisa langsung datang ke Klinik Ratna. Pemeriksaan disini biayanya sangat terjangkau dan dapat diangsur delapan kali.,” imbuhnya.

Baca Juga :
High Level Meeting TPID Badung, Pemerintah Berupaya Jaga Stabilitas Harga dan Stok Pangan