Denpasar (Metrobali.com)-
Kota Denpasar sebagai kota metropolitan  memiliki berbagai permasalah yang sangat kompleks, salah satunya masalah administrasi kependudukan. Untuk itu seluruh masyarakat hendaknya memenuhi administrasi kependudukan, hal ini untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman dalam masyarakat. Demikian disampaikan Sekkot Denpasar AAN Ngurah Rai Iswara saat membuka bimbingan teknis kewaspadaan dini masyarakat di Gedung Wanita Nari Graha Denpasar, mewakili Walikota Denpasar IB. Rai Mantra Senin (5/9). Bintek yang berlangsung sehari diikuti kasi trantib di desa/kelurahan, kepala desa lurah dan kaling kadus se-Kota Denpasar.

Lebih lanjut Rai Mantra menambahkan seluruh masyarakat yang berdomisili di Kota Denpasar baik masyarakat asali maupun pendatang harus tertib administrasi kependudukan. ”Kita harapkan masyarakat benar-benar peduli terhadap administrasi kependudukan karena dapat membantu perencanaan pemerintah, juga untuk mendata masyarakat Kota Denpasar secara pasti,” ujar Rai Iswara.

Dengan adanya tertib administrasi kependudukan akan memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat. Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman tidak hanya tugas pemerintah saja melainkan seluruh komponen seperti komponen swasta dan masyarakat. Untuk itu kepala desa lurah dan kaling kadus sebagai aparat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat diharapkan lebih peduli terhadap masyarakatnya. Dengan adanya kepedulian terhadap masyarakat itu merupakan salah satu mewujudkan pelayanan Sewaka Dharma (melayani adalah kewajiban) sehingga masyarakat merasa terlayani. Disamping itu pelayanan pada masyarakat merupakan salah satu cara  mewujudkan good government (pemerintahan yang baik).

Selebihnya Wakilota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutan tertulisnya mengatakan Kota Denpasar sebagai salah satu tujuan wisata di Bali memiliki kondisi penduduk hetrogen sangat rawan terhadap gangguan stabilitas khusunya masalah sosial, sara, adat dan terorisme. Masalah tersebut dapat diatasi bila ada partisipasi masyarakat yang mempunyai kepedulian yang sangat tinggi terhadap setiap permasalahan. Untuk meningkatkan kepedulian tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan dan kemampuan dari aparat. Bintek ini sangat penting dilaksanakan untuk pembekalan untuk mengadakan diteksi dini terhadap permasalahan yang ada. Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra mengharapkan aparat desa/lurah terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi untuk menghadapi permasalahan yang ada.

Kepala Badan Kebangpol dan Linmas Kota Denpasar Wenten Suparlan dalam laporannya mengatakan bintek untuk aparat desa/lurah dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan untuk kewaspadaan dini. Serta menyamakan langkah dalam menciptakan kondisi Kota Denpasar tetap kondusip dengan selalu melaksankan penertiban penduduk. (Gst_Humas)

 

Baca Juga :
Juventus Libas Madrid, Tantang Barcelona di Final