Denpasar (metrobali.com), Komitmen dan kegigihan Walikota Denpasar Rai D. Mantra dalam memajukan Koperasi di Kota Denpasar demi meningkatkan kesejahteraan anggota maupun masyarakat lingkungannya berbuah hasil. Dibuktikan dengan dinobatkannya Walikota sebagai salah satu penerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi Dan UKM yang rencananya diserahkan langsung Presiden RI pada Selasa (12/7) di GOR Senayan Jakarta. Demikian dikatakan Kadis Koperasi Luh Gde Hariasih,SH saat ditemui dikediamannya menjelang keberangkatannya ke Jakarta, Minggu (10/7).

”Disadari selama perjalanan pengelolaan koperasi, sudah tentu pernah mengalami pasang surut, kondisi ini hendaknya dimaknai sebagai sebuah dinamika perjalanan sebuah usaha dan merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh semua jajaran gerakan koperasi,” kata Hariasih. Namun berdasarkan upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh semua jajarannya alhasil perkembangan Koperasi khususnya di Kota Denpasar terus mengalami peningkatan baik kwantitas maupun kwalitasnya.

Berdasarkan catatan yang dimiliki kini jumlah Koperasi di Kota Denpasar sudah mencapai angka 874 Koperasi dan kecil sekali yang masuk katagori tidak jalan yaitu kurang dari angka 100. Itu artinya hampir 90 % keberadaan Koperasi di Kota Denpasar berada dalam kondisi sehat. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang tidak kenal lelah dari seluruh jajaran Koperasi dalam melakukan upaya pembinaan maupun pendampingan sehingga ketika ada Koperasi yang mau jatuh pihaknya cepat-cepat melakukan antisipasi. Disamping itu dukungan dari Walikota yang tidak henti-hentinya juga sangat berperan seperti peningkatan akses terhadap sumber pembiayaan lewat Kredit Tanpa Agunan (KTA), pengembangan kelembagaan koperasi, pemberdayaan usaha mikro kecil melalui peran koperasi. Dukungan tersebut diberikan agar koperasi kedepan mampu mandiri dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya tidak ketergantungan pada bantuan dan fasilitas pemerintah, ujarnya. Jadi keberhasilan Walikota dalam membangun Koperasi di Kota Denpasar sangat nyata adanya dan merupakan langkah yang tepat dan makin menguatkan predikat Denpasar sebagai Kota Penggerak Koperasi.

Baca Juga :
Badung Gelar Sosialisasi UMK Tahun 2020

Komitmen Walikota Denpasar IB Rai D. Mantra juga dipertegas dengan menjadikan Koperasi sebagai soko guru perekonomian serta tertuang dalam visi Kota Denpasar yaitu menjadikan Denpasar Sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Unggulan. Dampak dari komitmen dan kegigihan tersebut alhasil Walikota Denpasar IB Rai D. Mantra menjadi salah satu penerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi Dan UKM dari Kementerian Menkokesra yang rencananya diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada puncak peringatan HUT Koperasi ke-64 Selasa (12/7) di GOR Senayan Jakarta.