Walikota Rai Mantra Sidak Pusat Layanan Autis

Denpasar (Metrobali.com)-

Disela-sela kesibukan Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra dalam menghadiri berbagai kegiatan pemerintahan dan pelayanan masyarakat,pada Senin (28/4) berkesempatan meninjau Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Denpasar yang terletak di sebelah selatan lapangan Lumintang Denpasar. Kehadiran Walikota Rai Mantra disambut Wakil Koordinator PLA Denpasar I Gede Oka Dharmawan, para terapis sekolah setempat, serta orang tua siswa yang saat itu sedang menunggu putra-putrinya di sekolah setempat.

Dalam kunjungan tersebut Walikota Rai Mantra meninjau beberapa ruang pelayanan kesehatan kepada anak-anak autis, dan melakukan tatap muka langsung dengan para orang tua siwa. Walikota Rai Mantra mengharapkan kepada pengelola PLA agar terus meningkatkan kenyamanan kepada siswa. “Berikan terus kenyamanan kepada anak-anak yang menderita autis,” ujar Walikota Rai Mantra.

PLA yang beberapa waktu lalu diresmikan Direktor and Representative UNESCO Prof. Dr. Hubert GIJZEN, dan sempat mendapat kunjungan dari Bupati Serdang Bedagai, Sumatera Utara, H. Soekirman sebagai pusat layanan autis satu-satuya di Bali yang saat ini memiliki 80 siswa dengan 24 orang tenaga terapi. Disamping itu Walikota Rai Mantra dalam kunjungan tersebut juga berkesempatan berbincang dengan salah satu orang tua siswa, serta menanyakan pelayanan yang diberikan oleh PLA Denpasar.

Sementara Wakil Koordinator PLA Denpasar I Gede Oka Dharmawan mengatakan perkembangan jumlah anak yang dilayani sejak Tahun 2010-2013 mengalami peningkatan. Pada tahun 2010 PLA Kota Denpasar melayani 30 anak, Tahun 2011, 42 anak, Tahun 2012, 65 anak, dan Tahun 2013 melayani 80 orang anak.  Sedangkan anak yang telah dirujuk ke sekolah inklusi untuk mendapatkan pendidikan formal setara SD sebanyak 4 orang. Ia juga menjelaskan PLA Denpasar memberikan 7 layanan meliputi Terapi Prilaku, Terapi Okupasi, Terapi Wicara, Fisioterapi, Kelas Bina Diri, Kelas Pengembangan Diri, dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, serta Pemeriksaan kesehatan diberikan oleh Dokter Spesialis Anak dan Psikiater dari Rumah Sakit Umum Wangaya Denpasar. PUR-MB

Baca Juga :
Bupati Mahayastra Canangkan Bulan RAT Koperasi Tahun Buku 2019