Denpasar, (Metrobali.com)
Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri Uleman Persembahyangan Pujawali di Pura Jati, Desa Adat Batur, Kintamani Bangli, Senin (11/7). Tampak hadir juga dalam kesempatan ini Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar.
Menurut Jaya Negara, Karya  Pujawali di Pura Jati, Desa Adat Batur, Kintamani Bangli merupakan momentum bagi seluruh umat Hindu untuk meningkatkan sradha dan bhakti. Selain itu, momen ini juga baik dimanfaatkan sebagai ajang mulatsarira. Sehingga keseimbangan alam semesta beserta isinya dapat tercipta.
“Tentu ini merupakan momentum bagi kita bersama untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat, serta memohon asung kertha wara nugraha Ida Sang Hyang Widi Wasa, sehingga pasca pandemi ini masyarakat  bisa kembali pulih dan juga menjadi ajang mulatsarira umat,” kata Jaya Negara.
Jaya Negara menambahkan, pelaksanaan Bhakti Pujawali juga bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur Pemerintah Kota Denpasar atas kelancaran dalam menjalankan swadharma membangun Kota Denpasar.
“Rasa persatuan (menyama braya) umat Hindu harus kita pupuk, sehingga yadnya sebagai wujud syukur dapat terus kita laksanakan guna meningkatkan sradha dan bakti umat sesuai dengan swadarma menuju keseimbangan alam semesta, serta dapat memancarkan energi Dharma yang memberikan aura positif bagi jagat Bali untuk membersihkan dan menetralisir hal-hal negatif yang tidak diinginkan demi terciptanya keseimbangan alam beserta isinya,” imbuhnya.
Semantara Manggalaning Karya, Jero Gede Batur mengatakan Pujawali Pura Jati Batur jatuh pada  pinanggal ping 13 Sasih Kasa atau 2 hari sebelum Purnama Sasih Kasa. Pujawali di pura ini  nyejer (dilaksanakan) selama tiga hari yang Pangemponnya Desa Adat Batur.
Pujawali ditandai dengan ngodal Ida Bhatara dan diiring lunga dengan berjalan kaki dari payogan-Nya di Pura Ulun Danu Batur menuju Pura Jati di tepi Danau Batur. Selama tiga hari Ida Bhatara distanakan di Pura Jati.
Selain itu pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar karena sudah membantu  Dana Punia dalam pelaksanaan upacara pujawali ini. (ays/humas.dps).

 

Baca Juga :
Adiwana Arkara Villa and Suite A contemporary charm on the outskirts of Ubud