DENPASAR  (Metrobali.com)–
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, menghadiri puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVI tahun 2022 secara daring di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda). Pada kesempatan itu, Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar I Kadek Arya Agus Wibawa, Ketua DPRD Gusti Ngurah Gede, Sekertaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana dan anggota Forkopimda Kota Denpasar.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang diwakili oleh  Sekertaris Jendral (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro menyampaika kepada daerah daerah yang sudah memiliki kemampuan fiskal dan Pendapatan Asli Daerah baik, namun Indeks Pembangunan Manusia masih rendah, angka kemiskinan tinggi serta akses infrastruktur masih sulit, untuk melakukan evaluasi dan memastikan  dalam penyusunan program APBD agar tepat sasaran, efektif dan efisien.
Selain itu, Mendagri Tito Karnavian juga menghimbau kepada seluruh perangkat pemimpin daerah di seluruh Indonesia dalam hal kenaikan harga pangan, utamanya dalam persiapan menjelang Hari Raya Lebaran agar terus dapat menjaga intensitas komunikasi dengan perangkat daerah agar dapat menentukan langkah strategis untuk menstabilkan harga komoditi pangan.
 Mendagri Tito Karnavian juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia berdoa agar tujuan Otonomi Daerah dapat tercapai sesuai dengan filosofi pembentukannya dapat terwujud, permasalahan pandemic Covid-19 segera tertangani dan berakhir menjadi endemic, serta harga komoditi pangan dapat segera distabilkan.
Pada peringatan Hari Otda tahun ini, tema yang diusung adalah “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan Aparatur Sipil Negara Yang Pro-Aktif dan Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Yang Sehat Walafiat. Acara puncak peringatan ini juga turut dimeriahkan dengan peluncuran Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) Versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otda.
Sumber : Humas Pemkot Denpasar
Baca Juga :
Hasil Final Turnamen Superseries Dunia