Gianyar (Metrobali.com) –

 

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tadi malam Rabu (24/8), secara resmi membuka pelaksanaan Ubud & Beyond Festival 2022 bertempat di Ancak Saji Puri Agung Ubud-Gianyar.

Dalam sambutannya Wagub Cok Ace mengapresiasi pelaksanaan festival yang bertujuan untuk ajang eksplorasi dan inovasi bagi para seniman, sementara bagi masyarakat dan wisatawan, acara itu merupakan kesempatan untuk mengenal lebih dalam kesenian dan kebudayaan Bali khususnya di wilayah Ubud. Untuk itu Pemprov Bali sangat mendukung terlaksananya acara tersebut.

Selain itu, Wagub Cok Ace juga menyampaikan terimakasih kepada Bank Jawa Barat yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan tersebut dan dihadiri langsung oleh Gubernu Jabar. Diharapkan acara kolaborasi tersebut dapat berlangsung secara kontinyu dan memberikan dampak posiitf bagi pembangunan ekonomi antar kedua daerah dan selain itu juga dapat memperkuat pengenalan budaya antar kedua daerah.

Diharapkan pelaksanaan Ubud& Beyond 2022 dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi Bali dan pelestarian kesenian Bali.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud yang juga merupakan pendiri Ubud & Beyond Festival Tjokorda Gede Bayuputra Sukawati menyampaikan Pesta seni Ubud & Beyond Festival kembali digelar di Lapangan Astina, Gianyar, Bali, pada 24–28 Agustus 2022 demi mendukung seniman dan para penggiat budaya di Bali bangkit setelah sempat terdampak berbagai kebijakan pembatasan akibat pandemi COVID-19.

Ia menyampaikan festival tahun ini bakal memberi penghormatan dan penghargaan kepada salah satu seniman Bali yang menginspirasi tarian “Jauk Manis” semasa hidupnya, yaitu I Nyoman CeritaZ

“Di bawah Sanggar Tedung Agung-komunitas seni Puri Agung Ubud, selama bertahun-tahun, berhasil memiliki sosok ayah bagi semua generasi muda dalam melanjutkan warisan seni pertunjukan,” kata Pendiri Ubud & Beyond Festival menjelaskan peran penting I Nyoman Cerita terhadap perkembangan seni di Ubud.

Baca Juga :
Rai Mantra Hadiri Upacara Padudusan Alit Banjar Den Yeh Peguyangan

Tokoh seni lain yang bakal mendapat penghormatan adalah seorang ilustrator Bali yang karyanya telah mendunia, yaitu Dewa Gede Raka Jana Nuraga.

Penghargaan terhadap Nyoman Cerita dan Dewa Gede Raka Jana, menurut pendiri Ubud & Beyond Festival, merupakan simbol perpaduan antara kebudayaan yang selalu berkembang dan budaya yang tidak melupakan akar.

Sementara itu, musisi papan atas seperti Balawan Ethnic Fusion, Alffy Rev feat Novia, Di Ubud Band, dan Unb’rocken juga akan memeriahkan Ubud & Beyond Festival 2022.

“Pengunjung dapat menikmati pertunjukan sambil merasakan dan mencoba makanan dan minuman di lebih dari 60 kios dari restoran dan UMKM yang ada di Ubud,” kata Tjokorda menambahkan.

Ia pun berharap Ubud & Beyond Festival 2022 yang gratis dan terbuka untuk umum dapat menarik minat masyarakat lokal Bali, wisatawan dari dalam negeri, serta wisatawan asing untuk datang dan melihat kekayaan kebudayaan dan kesenian seniman Ubud.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Para Penglisir Puri Ubud, Kepala Perwakilan Bank Indonedia Wilayah Bali, Direktur Bank BJB dan undangan terkait lainnya.

 

Sumber : Diskominfos Prov. Bali