Mangupura (Metrobali.com)-

Berkaitan dengan pelaksanaan pengodakan tapakan yang ada di pura Dalem Desa Adat Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, masyarakat setempat melaksanakan upacara nebes/ngetus. Upacara yang dipuput para Pemangku Khayangan Tiga Desa Adat Bongkasa ini dihadiri Bupati Badung AA. Gde Agung,SH didampingi Ketua DPRD Badung I Nyoman Giri Prasta, Camat Abiansemal I Gst. Ngr Gede Jaya Saputra, Perbekel Bongkasa I Wayan Jendra, Perbekel Bongkasa Pertiwi I Made Wasta Suarjana, para Kelian Adat dan Dinas di lingkungan Desa Adat Bongkasa, Pengelingsir Puri Banyuning dan Griya Gede Bongkasa serta masyarakat setempat, Kamis (2/2).

            Pada kesempatan tersebut Bupati Badung AA. Gde Agung,SH melakukan persembahyangan bersama dengan masyarakat untuk memohon keselamatan agar upacara yang dilaksanakan dapat berjalan lancar, dan dilanjutkan dengan ngetus tapakan yang berupa Barong dan 2 (dua) Rangda yang merupakan tapakan pura Dalem dan Prajapati Desa Adat Bongkasa. Sebagai wujud kepedulian dan untuk memotivasi masyarakat yang sekaligus dapat meringankan beban dari segi pendanaan Bupati Gde Agung mepunia Rp. 15 juta dan Ketua DPRD I Nyoman Giri Prasta Rp. 5 juta.
            Sementara itu Bendesa Adat Bongkasa Drs. I Nyoman Nada melaporkan, krama Desa Adat Bongkasa berjumlah 443 KK pengarep dan 1.226 KK pengele yang akan nyanggra pelaksanaan pengodakan tapakan ini. Adapun Sangging/ tukang yang akan melakukan pengodakan Cok. Tisnu yang berasal dari Puri Singapadu Gianyar dan pengerjaannya akan dilakukan di Pura Dalem Bongkasa.  MB1
Baca Juga :
Siswa "berebut" hadiah sepeda Presiden