Klungkung, (Metrobali.com)

Setelah menanti sekian lama, akhirnya masyarakat Desa Bunga Mekar, Desa Batukandik dan Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida bisa menikmati jalan yang layak dilalui. Hal ini terlihat pada saat Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung menghadiri Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 Tahun 2022 di Balai Banjar Desa Adat Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (9/6).

Acara penutupan yang dihadiri Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya Wedana, SE, Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, Kadis PUPRPKP, I Made Jati Laksana, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, | Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan undangan terkait lainnya.

Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat mengatakan, kegiatan TMMD tersebut merupakan pembukaan akses di Desa Bunga Mekar Pembukaan jalan panjang 1.542 meter, lebar 6 meter dengan volume 8.993,24 m, di Desa Sakti Betonisasi jalan panjang 500 meter lebar 3 meter dengan pekerjaan struktur Beton dan di Desa Batukandik. Pembukaan jalan panjang 1.132 meter lebar 6 meter dengan kegiatan pekerjaaan tanah dan geosintetik galian batu lunak volume 7.7481/03 m. Sedangkan sasaran tambahannya yakni pembuatan MCK sebanyak 9 unit dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 1,5 meter dan pembuatan lapangan voli sebanyak 1 unit.

Diharapkan dengan terbukanya akses jalan dalam pelaksanaan TMMD di wilayah ini, dapat membuka harapan baru bagi masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada. “Semua kegaiatan fisik maupun non fisik sudah mencapai 100 persen dan kedepannya Program TMMD juga ditargetkan dapat membangkitkan dan mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan perekonomian masyarakat terutama di pedesaan, terpencil, perbatasan maupun terluar,” ujarnya.

Baca Juga :
Subak Melaya Gelar Upacara Nangluk Merana

Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada jajaran Kodim 1610 Klungkung yang telah melaksanakan TMMD ke-113 di Kecamatan Nusa Penida. “Atas nama pemerintah dan mewakili masyarakat, saya ucapkan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam program TMMD ini,” ujar Sekda Winastra.

Ia berharap, program-program TMMD selanjutnya dapat membuka akses jalan yang masih sulit khususnya di Kepulauan Nusa Penida “Tentunya bagi TNI tidak ada yang susah, terbukti dari program TMMD ini berhasil dan sukses membuka akses jalan di Tiga Desa di Kecamatan Nusa Penida” ungkapnya. (humasklk/yande)