Jembrana (Metrobalii.com)

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawati Tamba mengapresiasi pelaksanan family farming (konsep kebun keluarga) sebagai wujud program halaman, asri, teratur, indah, dan nyaman (Hatinya) PKK yang dilaksanakan di Desa Baluk.

Hal tersebut disampaikan Ny. Candrawati Tamba saat melaksanakan kunjungan sekaligus panen disalah satu rumah warga yang berhasil melakukan program Hatinya PKK yakni I Nyoman Suanda warga Banjar Rening, Desa Baluk, Jumat (16/9).

I Nyoman Suanda didampingi istri beserta seluruh anggota keluarga berhasil memanfaatkan pekarangan menjadi produktif dengan menaman berbagai jenis sayuran seperti, kangkung, kacang panjang, kacang tanah, cabai, terong, dan tomat. Sedangkan untuk tanaman buah-buahan yakni jambu, aplukat, pepaya dan pisang.

Ditemui usai pelaksanaan panen, Ny. Candrawati Tamba menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh salah satu warga di desa Baluk ini tentu keberhasilan dari pelaksanaaan program Hatinya PKK.

“Ini tiang kira menjadi contoh bagus, yang harus diaplikasikan disetiap rumah tangga di Jembrana. Setiap keluarga mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri, sehingga dapat menekan uang belanja bahkan jika hasilnya lebih dapat dijual sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian keluarga,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan hal ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Jembrana dibawah kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba dan Wabup IGN Patriana Krisna untuk bagaimana mendorong setiap rumah tangga dapat mewujudkan kemandirian pangan.

“Kemandirian pangan itu penting. Memanfaatkan lahan-lahan yang sekecil apapun untuk menanam, untuk berproduksi kebutuhan pangan sehari-hari. Jadi jangan sampai ada lahan yang kosong, harus produktif,’ ungkapnya, harus produktif,” ungkapnya.

Terakhir, Ny. Candrawati Tamba mengajak seluruh anggota TP PKK agar menerapkan program Hatinya PKK dengan melakukan mulai dari halaman rumah sendiri yang selanjutnya dapat dikembangkan ke seluruh anggota PKK mulai dari tingkat banjar sampai kabupaten.

Baca Juga :
COVID-19 masih tinggi, Menag ajak shalat Id di rumah

“Saya berharap kepada PKK di Kabupaten Jembrana agar kedepannya tetap maju, mulai desa dan kelurahan harus ada kegiatan seperti ini apalagi di tengah masa sulit seperti ini agar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dan kesehatan bagi tubuh kita,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Negara I Wayan Andy Suka Anjasmara, Prebekel Baluk dan seluruh anggota PKK Kabupaten dan Kecamatan hingga kader tingkat Desa Baluk. Sumber : Humas Jembrana

Editor : Sutiawan