Mangupura (Metrobali.com)-

            Piodalan ngenteg linggih di Pura Terminal Mengwi dilaksanakan pada saniscara paing ukir, Sabtu (10/12) lalu. Upacara dipuput tiga sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Ngurah Putra Keniten Gria Kediri Sangeh, Ida Pedanda Gede Giri Dwija Kemenuh Gria Gede Keramas, Mengwitani dan Ida Pedanda Jelantik Giri Gria Gunung Sari Ubud.
            Karya tersebut dihadiri Bupati Badung A.A. Gde Agung bersama Wakil Bupati I Ketut Sudikerta, Ketua TP PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung, Ketua WHDI Badung Ny. Sudikerta, Kadishubkominfo I Made Sutama, Camat Mengwi IB Oka Dirga, Bendesa Adat Beringkit, Bendesa Adat Mengwitani serta Perbekel Mengwitani. Pada kesempatan tersebut Bupati bersama Wakil Bupati melakukan persembahyangan bersama. Upakara yang dihaturkan pada piodalan berupa surya catur rebah dengan ayaban bebangkit, tebasan panca lingga dan tebasan guru piduka. Setelah piodalan, akan dilaksanakan penganyaran dan upacara nyenuk, penyineban, Senin (12/12) ini.
            Rangkaian piodalan ngenteg linggih di Pura Terminal Mengwi telah dimulai sejak 28 Nopember 2011 lalu dengan upacara mapuagem dan nyukat genah. Dilanjutkan pada (5/12) upacara melaspas pelinggih dan bangunan terminal serta mendem pedagingan. Tawur Balik Sumpah Madya dilaksanakan pada (7/12) lalu.
            Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Informatika I Made Sutama mengatakan, setelah usainya pelaksanaan karya ini, pihaknya akan segera melakukan persiapan untuk ujicoba terminal tipe A tersebut. Namun menurutnya akan didahului dengan pertemuan dengan Kementerian Perhubungan. ”Kami perkirakan ujicoba terminal mengwi akan dilakukan mulai Januari 2012 mendatang,” tambahnya.
Baca Juga :
Sigma Nilai Kualitas DPS Pemilu 2014 Turun