Denpasar, (Metrobali.com)

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menerima kunjungan kehormatan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko H.E. Mr Martin TLAPA di Hotel Puri Santrian Sanur, Rabu (8/12).

Mengawali pertemuan penuh kekeluargaan tersebut, Wagub Bali menyampaikan apresiasi atas kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko beserta rombongan ke Bali dan melihat secara langsung situasi dan kondisi Pulau Dewata saat ini. Dapat dilihat masyarakat Bali sangat mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19 dengan selalu menggunakan masker. Disamping itu, tingkat vaksinasi Covid 19 juga melebihi dari target vaksinasi , dan menjadikan Provinsi Bali menjadi provinsi pertama di Indonesia dengan tingkat vaksinasi melebihi 100%

“Jika dilihat dari situasi saat ini, kasus Covid 19 di Bali dapat dikatakan melandai, masyarakat sangat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga vaksinasi yang diatas target, tidak hanya itu pelaku industri pariwisata juga telah melengkapi diri dengan sertifikasi CHSE, untuk itu Bali sudah sangat siap menerima kunjungan dari wisatawan mancanegara , ” imbuhnya.

Ditambahkan Wagub Cok Ace, terjadinya pandemi Covid 19 telah berimbas sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Bali. Banyak masyarakat Bali yang kehilangan pekerjaan dan sektor usaha yang gulung tikar. Tapi kami tetap berupaya untuk bangkit dan menjadikan momentum ini untuk instrospeksi diri, berbenah dan menata kembali pariwisata Bali sehingga kedepannya pariwisata Bali akan menjadi pariwisata berkelanjutan dan berkualitas.

“Kami menyadari kondisi Covid 19 di dunia saat ini belum terkendali terlebih dengan adanya Varian Omicron, aturan karantina serta masih terbatasnya akses penerbangan yang membuat sektor pariwisata belum bisa pulih, kami sangat berharap di tahun 2022, kondisi jauh membaik sehingga kunjungan wisman ke Bali meningkat termasuk kunjungan wisman dari Republik Ceko, “tuturnya.

Baca Juga :
"Paket Bali" di WTO Sudah Ada Titik Temu

Sementara itu H. E Mr.Martin TLAPA menyampaikan pihaknya sangat senang bisa datang ke Bali dan melihat secara langsung kondisi Bali saat ini. Selama kami di Bali, kami melihat masyarakat Bali sangat disiplin menggunakan masker. Tidak hanya itu, kami sangat takjub dengan pesona alam serta budaya Bali serta keramah tamahan masyarakatnya. Tidak salah kalau warga kami sangat ingin berwisata ke Bali dan tetap menjadikan Bali sebagai destinasi wisata pilihan mereka.

“Warga kami sangat berharap bisa secepatnya berwisata ke Bali, pulau ini sangat terkenal di negara kami, ” imbuhnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat ingin menjalin kerjasama dengan Bali untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi bagi kedua belah pihak baik kerjasama dalam bidang kesehatan, teknologi ramah lingkungan dan sektor lainnya termasuk didalamnya sektor pariwisata. Kami juga berharap akan banyak masyarakat Bali khususnya masyarakat Indonesia pada umumnya datang berwisata ke negara kami.

Dalam pertemuan yang turut dihadiri oleh Duta Besar Republik Ceko H. E. Mr. Jaroslav DOLECEK, Direktur Departemen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Republik Ceko Mrs. Eliska ZIGOVA beserta jajaran diakhiri dengan foto bersama dan tukar cendera mata. (RED-MB)