Denpasar, (Metrobali.com)

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), Jumat 27 Mei 2022 dalam kunjungannya ke Kampus Politeknik Negeri Bali diwakili Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Ir. Aris Darmansyah Edisaputra M.Eng., didampingi jajaran, kagum menyaksikan Tekep Isolator hasil Karya Dosen Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali Dr. Ir. I Wayan Jondra, M.Si. yang telah dihilirisasi dan diimplementasikan dalam dunia nyata sesuai dengan kebutuhan Industri yaitu PLN.

Dari hasil peninjauan di Politeknik Negeri Bali ini, bliau memuji apa yang telah dilakukan pihak PNB, sangat luar biasa. Apalagi dengan berbagai jurusan yang ada dan pengalamannya, sudah sangat bagus. “Ini sangat luar biasa, apa yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Bali, ditambah lagi semangat-semangat dari mahasiswanya, di dukung oleh Dosen yang mumpuni dan Kreatif.
Mendapat laporan dari Direktur Politeknik Negeri Bali Nyoman Abdi, S.E., M.Ecom, bahwa Tekep Isolator merupakan hasil karya Dosen PNB yang telah dihilirisasi, membuatnya menjadi sangat tertarik. Dalam kesempatan kunjungan itu Aris bertanya tentang apa fungsi, dimana sudah dipasang, dan bagaimana memasangnya tanpa padam, penuh penasaran.

Pertanyaan tersebut ditanggapi oleh sang Inventor Dr. Ir. I Wayan Jondra, bahwa Tekep Isolator merupakan asesories Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), dengan menggunakan Tekep Isolator maka jaringan akan terbebas dari parsial discharge dan gangguan binatang/pohon. Tekep Isolator Polymer ini jika diimplementasikan di seluruh jaringan, maka tidak ada satu titik pun SUTM terbuka, sehingga akan meningkatkan kehandalan jaringan, dan turunannya SAIDI SAIFI.

Jondra menjelaskan Tekep Isolator ini telah banyak digunakan, bahkan sudah mencapai 60 ribu set terpasang di seluruh Indonesia. Namun belum semua jaringan milik PLN menggunakan Tekep Isolator, sehingga penggunaannya menjadi sangat penting untuk meningkatkan kehadalan, melindungi binatang dan meningkatkan keuntungan bagi PLN. HKI Tekep Isolator ini telah dibeli dan diproduksi oleh PT. Adi Putra.

Baca Juga :
Dukung Efektivitas Pemanfaatan Energi Terbarukan di Bali, FT Unud Gelar Seminar Nasional

Dalam upaya meningkatkan kehandalan Jaringan Tegangan Menengah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali Wayan Udayana menjelaskan Tekep Isolator juga telah dipasang di wilayah Bali dan telah terbukti mampu menekan gangguan binatan dan parsial discharge. Untuk mengakslerasi pemasangan Tekep Isolator ini, PLN UID Bali telah memasang Tekep Isolator dengan bantuan alat Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sentuh langsung. Sehingga pemasangan dapat dilakukan setiap saat, demikian pungkas alumni Universitas Brawijaya Malang ini.

Ir. Aris Darmansyah Edisaputra M.Eng., didampingi jajarannya menegaskan pentingnya Dungandungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk karya ini. Untuk HKI, karya ini telah dilindungi dengan HKI dalam hal disain industry dan merk demikian jelas Jondra. Menanggapi hal tersebut Aris menyampaikan sanjungannya, bagus-bagus, silahkan terus berkarya untuk kemajuan dunia vokasi, demikian pungkasnya sambil bergegas menuju laboratorium energi baru dan terbarukan. (Sut)