Foto: Rektor Universitas Udayana dan Rektor Universitas Timor menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dilaksanakan di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (9/8/2022).

Jimbaran (Metrobali.com)-

Rektor Universitas Udayana dan Rektor Universitas Timor menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka kerja sama institusi pendidikan di bidang Tridharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilaksanakan di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (9/8/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Rektor Universitas Udayana, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Informasi, Dekan FISIP, Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Turut hadir Rektor Universitas Timor beserta jajaran.

Rektor Universitas Timor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P mengucapkan terima kasih kepada Universitas Udayana atas jalinan kerja sama ini. Universitas Timor sebelumnya berstatus sebagai perguruan tinggi swasta. Sejak tahun 2014, Universitas Timor beralih menjadi perguruan tinggi negeri dengan status PTN Satker. Pihaknya berharap mendapat dukungan melalui kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri badan layanan umum atau badan hukum seperti Universitas Udayana untuk mendapatkan bantuan dan masukan-masukan dalam rangka peningkatan universitas kedepan. Dengan keterbatasan yang masih dimiliki, Unimor sangat membutuhkan bantuan hal-hal yang berkaitan dengan Tridharma dan pengembangan SDM.

“Ke depan dengan adanya MoU ini harapannya bisa membantu Unimor untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan perkembangan SDM kami,” harap Rektor Universitas Timor.

Rektor Universitas Udayana Prof. I Nyoman Gde Antara menyambut baik kerja sama ini dan melalui kesempatan tersebut menginformasikan sekilas mengenai Unud yang akan menuju PTN BH. Lebih lanjut Rektor menyampaikan pihaknya siap bekerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi, seperti pertukaran mahasiswa program MBKM, kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maupun peningkatan kompetensi SDM Universitas Timor.

Baca Juga :
BPS Badung Adakan Pendampingan Sensus Penduduk Online 2020 di Hotel The One Legian.

Banyak hal yang harus dilakukan untuk mengatasi hal-hal supaya bisa berkembang lebih baik lagi. Pihaknya juga baru-baru ini menerima kunjungan Rektor Universitas Hasanuddin dalam rangka memperkuat jaringan kerjasama konsorsium perguruan tinggi di wilayah Indonesia Timur, baik sesama universitas maupun dengan partner-partner dari luar negeri. Sehingga bisa tumbuh dan maju bersama dan saling melengkapi kekurangan untuk bisa maju kedepan serta berkembang lebih baik lagi. Khusus dengan Indonesia Timur, Unud juga memiliki banyak kerjasama disamping dengan perguruan tinggi juga dengan pemerintah daerah salah satunya dalam hal bantuan tenaga medis dalam melayani masyarakat didaerah masing-masing.

“Dengan bekerjasama antara perguruan tinggi di Indonesia Timur, akan memberikan dampak karena kebersamaan itu. Kita saling mengisi, saling membantu, harapannya agar kita maju bersama,” jelas Rektor Unud. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/