Mangupura (Metrobali.com)-

Terbangunnya harmonisasi antar pekerja dalam sebuah perusahaan menjadi hal yang mutlak, karena dengan adanya harmonisasi dapat mewujudkan suasana kerja yang aman serta pembentukan tenaga kerja yang professional, mandiri, kreatif dan produktif. “Harmonisasi dalam perusahaan harus dapat dijaga dengan baik, guna peningkatan, pembentukan dan pengembangan tenaga kerja yang berkualitas, produktif, efesien, efektif dan berjiwa wirausaha sehingga mampu menciptakan dan memperluas lapangan kerja serta kesempatan bekerja,” kata Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta disela-sela penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Perusahaan Teladan Dibidang Hubungan Industrial di Kabupaten Badung tahun 2012 yang berlangsung di The Westin Resort Nusa Dua, Rabu (5/12). Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Badung I Made Reta, Kadisosnaker Badung Ni Luh Suryaniti, Camat Kuta Selatan, Lurah Benoa, GM The Westin Resort Nusa Dua, Pimpinan Perusahan di Kawasan BTDC serta Ketua Serikat Pekerja Badung.

Wabup. Sudikerta menekankan, lomba K3 ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan program K3 yang telah ditetapkan melalui UU No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja agar dapat mewujudkan kecelakaan kerja yang nihil di perusahaan. Oleh karena itu pembinaan program K3 adalah hal yang mutlak dilaksanakan terutama dalam mengupayakan pencapaian kecelakaan kerja nihil. Dijelaskan pula, dalam setiap hubungan kerja akan selalu terjadi interaksi antar individu yang memungkinkan timbulnya perselisihan dalam hubungan kerja yang apabila tidak ditangani secara dini dapat menimbulkan dampak negatif. Untuk mencegah sedini mungkin terjadinya perselisihan  dalam hubungan kerja industrial, maka sangat perlu mengoptimalkan peran dari sarana-sarana hubungan industrial yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan seperti serikat pekerja, organisasi pengusaha, LKS Bipartit, peraturan perusahaan serta pendukung lainnya.

Baca Juga :
BPK RI Perwakilan Bali Serahkan LHP

“Melalui lomba K3 dan perusahaan teladan bidang hubungan industrial yang telah dilakukan secara berkesinambungan, memiliki peran yang sangat strategis untuk mewujudkan pembangunan bidang ketenagakerjaan yang merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan nasional khususnya di Kabupaten Badung,” tegas Sudikerta.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Badung Ni Luh Suryaniti menyampaikan, yang melatarbelakangi kegiatan lomba ini yakni terjadinya kasus-kasus ketenagakerjaan yang membutuhkan perhatian serius dari semua pihak termasuk pemerintah daerah melalui Disosnaker. Guna meminimalisir kejadian di sebuah perusahaan perlu langkah-langkah pembinaan melalui lomba K3 dan perusahaan teladan bidang hubungan industrial.

Dari hasil evaluasi dan penialain dari tim Pembina, perusahaan yang berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori lomba K3 yakni The Breezes Bali Resort & Spa, disusul Hotel Santika Kuta Bali dan diposisi ketiga The 101 Legian Bali. Sementara untuk perusahaan teladan bidang hubungan industrial, juara I diraih The Westin Resort Nusa Dua, juara II Kuta Paradiso Hotel dan juara III The Oberoi. Para juara berhak mendapat piala dan piagam penghargaan. GAB-MB