Stary Brosnan dan I Wayan Bayu Adhi Saputra Terpilih Sebagai Duta GenRe Kabupaten Badung Tahun 2021

Metro Bali
single-image

Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Badung tahun 2021 bertempat di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Minggu (2/5).

Diharapkan Jadi Contoh dan Role Model Dalam Membangun Keluarga Yang Terencana

Mangupura, (Metrobali.com)

Setelah melalui proses karantina, seleksi dan penilaian dari Dewan Juri, akhirnya Stary Brosnan dan I Wayan Bayu Adhi Saputra terpilih sebagai Duta GenRe Kabupaten Badung tahun 2021, diikuti  Luh Gede yuniasti Widhiasih dan I Made Rizki Ramanda sebagai Runner Up I serta Ni Putu Nadya Ayu dan I Nyoman Wardana sebagai Runner Up II. Pengumuman pemenang dilaksanakan dalam acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Badung tahun 2021 bertempat di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Minggu (2/5).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan mengatakan GenRe adalah singkatan dari “Generasi Yang Punya Rencana” dimana merupakan suatu program  yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).  Generasi Berencana adalah remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati 5 transisi kehidupan remaja. “Pemilihan Duta Generasi Berencana adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mencetak remaja- remaja yang memiliki pengetahuan tentang keluarga lalu mengajak teman seusianya merencanakan keluarga. Duta GenRe memegang peran penting untuk mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya,” ujarnya.

Lebih lanjut Eka Merthawan menambahkan mempersiapkan sebuah keluarga yang berkualitas idealnya dilakukan sejak usia remaja agar pemahaman seluk beluk rumah tangga benar-benar melekat mulai sejak dini. Itulah yang dinamakan keluarga berencana, selain sudah memiliki kesiapan mental juga memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang berkeluarga, demi tujuan keluarga yang sehat dan harmonis serta memiliki ketahanan keluarga yang memadai. “Keluarga berencana tidak sekedar mengendalikan pertumbuhan penduduk tetapi jauh lebih penting dari itu menciptakan keluarga yang memiliki ketahanan agar melahirkan generasi yang tangguh. Saya berharap GenRe tidak hanya menjadi duta tapi harus menjadi contoh dan role model dalam kehidupan berencana dan membangun keluarga yang terencana”, tegasnya.

Baca Juga :
Ny. Ratna Gde Agung Ingatkan Pasien Rutin Minum Rebusan Daun Sirsak : YKI Badung Bantu Penderita Kanker

Sementara itu Ketua Panitia Pemilihan Duta GenRe Putu Pristha Dewi mengatakan Pemilihan Duta GenRe Badung merupakan ajang untuk memilih generasi/remaja terbaik di Kabupaten Badung yang siap berkontribusi guna membantu menyebarluaskan pemahaman mengenai kesehatan reproduksi, Triad KRR dan perencanaan masa depan bagi remaja guna membentuk keluarga yang berkualitas. Dikatakan jika melihat dari jumlah remaja Indonesia saat ini sekitar 64 juta jiwa, jumlah besar tersebut merupakan potensi sekaligus tantangan bagi Indonesia.  “Jika dihubungkan dengan bonus demografi yang diprediksi, remaja saat inilah penduduk usia produktif saat bonus demografi terjadi. Melalui bonus demografi yang akan datang inilah kami mengadakan pemilihan duta GenRe,”.

Acara ini dihadiri juga seluruh Kabid pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Badung, Duta Genre Indonesia tahun 2019, serta Duta Genre Provinsi Bali tahun 2020. (RED-MB)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.