Mangupura (Metrobali.com)-

Ratusan masyarakat Br. Buangga dengan antusias ikuti Sosialisasi HIV dan AIDS yang dilaksanakan KPA Kabupaten Badung, sabtu (13/8) lalu bertempat di Jaba Pura Dalem Br. Buangga Desa Getasan Kecamatan Petang. Turut hadir Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta selaku Ketua Pelaksana KPAK Badung, Ketua DPRD Badung I Nyoman Giri Prasta, Ketua Komis D DPRD Badung A.A Shaskara, Kepala Dinas Kesehatan dr. Putera Suteja, Camat Petang serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Wabup Sudikerta mengatakan, saat ini Kabupaten Badung menempati posisi ketiga di Bali dengan jumlah kasus HIV dan AIDS hingga juni 2011 adalah 741 kasus dengan 70 orang orang sudah meninggal. Dari data tersebut salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung untuk mencegah penyebaran HIV dan AIDS di masyarakat adalah dengan melakukan penyebar luasan informasi tentang bahaya HIV/AIDS melalui sosialisasi. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini 80 % masyarakat di Badung pernah mendengar serta mampu ikut serta dalam penyebar luaskan informasi tentang HIV dan AIDS sehingga dapat memutus mata rantai penularan penyakit mematikan ini disamping juga masyarakat mampu mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (orang dengan HIV dan AIDS).

Melalui sosialisasi ini Wabup Sudikerta berharap masyarakat lebih meningkatkan rasa menyama braya diantara krama dan meningkatkan kembali aktivitas kepemudaan sehingga generasi muda bisa terhindar dari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkotika khususnya narkotika suntik yang merupakan salah satu cara penyebaran HIV dan AIDS.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Badung I Nyoman Giri Prasta, mengingat semakin maraknya penyebaran penyakit HIV dan AIDS, Giri Prasta berharap sosialisasi dari KPAK Badung hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan tularkan kepada masyarakat lainnya sehingga informasi terkait bahaya HIV dan AIDS bisa terserap dimasyarakat Badung. Giri prasta juga menyampaikan apresiasi kepada KPA Badung atas komitmennya didalam melakukan pencegahan penularan HIV di Badung, semoga kegiatan serupa terus dilaksanakan di Badung sehingga masyarakat bisa paham betul bahaya HIV dan AIDS.

Baca Juga :
Wayang Joblar Akhiri Ngaben Massal Desa Adat Pecatu

Pada kesempatan ini sebagai bentuk motivasi dan dukungan terhadap Pembangunan di Br. Buangga, Wabup Sudikerta selaku Ketua Pelaksana KPA Badung mepunia Rp. 3 juta. Dan secara pribadi Sudikerta memberikan bantuan sebesar Rp. 7 juta diikuti dari Ketua DPRD Badung sebesar Rp. 10 juta.

Sementara itu Ketua Panitia Penggalian Dana I Wayam Sumerta melaporkan, disamping pelaksanaan sosialisasi HIV dan AIDS dari KPA dilaksanakan pula pengundian kupon berhadiah untuk pembangunan Parhyangan Pura Dalem Br. Buangga. Diharapkan melalui sosialisasi ini masyarakat Br. Buangga yang berjumlah 643 orang bisa lebih memahami bahaya HIV dan AIDS. (MB-SUT)