Denpasar, (Metrobali.com)
Bagi pasangan calon pengantin (Catin), persiapan pra perkawinan tentu menjadi hal dasar yang harus difokuskan. Mendasari hal itu, organisasi Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Denpasar menggandeng Yayasan Sarwe Sukhinah Bhawantu mengundang 40 pasangan Catin dari 4 kecamatan di Kota Denpasar untuk mengikuti Sosialisasi Pra Perkawinan, Sabtu (28/5). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Istri Wakil Walikota Denpasar sekaligus Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa yang didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana dan Plt. Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Denpasar Ni Made Purnamawati.
Kegiatan yang digelar di Gedung Sewakha Dharma, Lumintang ini turut dihadiri pula oleh Ketua Yayasan Sarwe Sukhinah Bhawantu Ida Ayu Alit Maharatni. Dalam kegiatan ini, juga ditampilkan Tarian Nayaka Prima yang menggambarkan kesiapan aparatur atau nayaka praja dalam hal memberikan pelayanan berkualitas prima kepada masyarakat. Tarian ini mengadopsi semangat Sewakadharma dimana melayani adalah kewajiban yang harus tertanam dan menjadi pedoman Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur di Kota Denpasar.
Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Sekertaris WHDI Kota Denpasar, Luh Made Kusuma Dewi, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mendukung kesiapan Catin sebelum perkawinan.
“Kami ingin membentuk kesiapan Catin terutama dari kematangan usia, ekonomi, dan juga dari psikis para Catin itu sendiri. Karena nantinya mereka setelah menikah akan menjadi bagian masyarakat, sehingga bisa membentuk keluarga kecil yang sehat dan bahagia,” kata Kusuma Dewi.
Sementara itu, Ni Made Purnamawati yang dalam sambutannya mengatakan pihak Kemenag Kota Denpasar sangat mengapresiasi kegiatan ini.
“Ini adalah kegiatan positif yang sangat kami apresiasi. Persiapan pernikahan tentunya meliputi banyak aspek. Di antaranya persiapan mental, finansial, restu orang tua dan keluarga, penentuan jadwal pernikahan, tes kesehatan, dan juga bimbingan konseling pranikah. Maka sosialisasi seperti hari ini tentu sangat bermanfaat bagi adik adik Catin untuk mendapatkan gambaran pra perkawinan,” urai Made Purnamawati.
Selain itu, Made Purnamawati juga menambahkan, kepada pasangan catin yang berkesempatan hadir pada acara ini, agar mau menularkan ilmu yang didapat kepada rekan catin lainnya.
“Ini agar semua pasangan catin betul betul siap untuk mengarungi kehidupan rumah tangga nantinya,” pungkasnya.
Sementara itu, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengharapkan agar para Catin yang mengikuti bimbingan kali ini nantinya betul betul bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum menikah sehingga setelah memasuki jenjang pernikahan sudah siap baik psikis, mental untuk membentuk keluarga yang bahagia.
Sumber : Humas Dps
Editor : Sutiawan
Baca Juga :
Hadiri Pembinaan Provinsi, Wawali Arya Wibawa Pacu Semangat GKA Duta Kota Denpasar di PKB XLIII