Denpasar (Metrobali.com)-

Serangkaian Hut Kota Denpasar Ke-XX yang jatuh pada tanggal 27 Pebruari mendatang berbagai kegiatan digelar Pemerintah Kota Denpasar mulai dari olahraga hingga perlombaan yang melibatkan Karang Taruna Denpasar. Selain itu juga dilakukan Kegiatan Olahraga yang bertajuk Walikota Cup 2012 yang diikuti seluruh Pengcab Olah Raga di Kota Denpasar serta lomba ngejuk kucit dan lindung.

Kegiatan ini dibuka langsung Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota I GN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, Ketua DPRD Kota Denpasar Wayan Darsa, serta Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. I.A Selly D. Mantra, ditandai dengan pengibaran bendera start, Minggu (5/2) bertempat di Lapangan Lumintang.

Ketua Harian KONI Denpasar Nyoman Mardika mengatakan Walikota Cup yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya ini dalam rangka menyambut Hut Kota Denpasar Ke-XX. Tujuan dari kegiatan ini untuk melahirkan atlit pemula di Kota Denpasar dengan bentuk pembinaan olah raga di daerah secara berkelanjutan.

”Kegiatan Walikota Cup ini merupakan event tahunan dari KONI Denpasar untuk melahirkan bibit-bibit baru atlit Denpasar sebagai pelapis atlit yang akan terjun ke even yang lebih tinggi yakni Porprov dan PON,” ujar Mardika.

Tidak menutup kemungkinan menurut Mardika, atlit yang berprestasi pada ajang Walikota Cup dapat menjadi atlet Porprov 2013 yang akan datang dimana Denpasar nantinya sebagai tuan rumah. Untuk itu kita mesti mempersiapkan diri lebih awal baik atlet maupun sebagai panitia penyelenggara, agar kegiatan tersebut dapat berjalan sukses serta mempu melahirkan atlet berprestasi. Adapun peserta yang mengikuti Walikota Cup Tahun ini, seluruh cabang olah raga dibawah naungan KONI Denpasar sebanyak 34 cabang olah raga. Sedangkan kegiatan olahraga menyambut Hut Kota Denpasar diselenggarakan oleh beberapa SKPD termasuk DPRD Denpasar dengan berbagai jenis kegiatan. Diantaranya sepak bola jago kapuk, dan jalan santai.

Baca Juga :
Pemerintah Amankan 370 Juta Dosis Vaksin Hingga Akhir Tahun 2021

Sementara Ketua Karang Taruna Denpasar I Made Alit Setia Utama mengatakan serangkaian menyambut Hut Kota Denpasar, Karang Taruna Denpasar menggelar berbagai kegiatan perlombaan hingga aksi sosial. Kali ini melaksanakan lomba ngejuk kucit dan menangkap belut. Perlombaan ini melibatkan 43 Karang Taruna di Kota Denpasar dimana setiap Karang Taruna mewakili anggotanya sebayak 2 group. Sedangkan kegiatan sosial yang akan dilaksanakan pada 17 Pebruari mendatang menggelar aksi bersih Tukad Badung yang melibatkan masyarakat di Tiga Desa/Lurah yakni Kelurahan Pemecutan, Desa Dangin Puri Kangin dan Kelurahan Dauh Puri.

Diharapkan dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah kesungai, yang akan membawa dampak banjir pada musim penghujan seperti sekarang ini. ”Kami ingin menyasar karang taruna sebagai generasi muda untuk turut ikut menjaga kebersihan lingkungan yakni Tukad Badung dengan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Disamping melakukan aksi bersih sungai Karang Taruna Denpasar pada tanggal 18 Pebruari dilanjutkan dengan kegiatan aksi donor darah yang bertempat di Kelurahan Dauh Puri. Untuk lebih memeriahkan perlombaan ngejuk kucit dan belut pihak panitia juga menyiapkan hadiah kepada para pemenang lomba. Yakni juara I, II dan III mendapatkan piala piagam dan uang tunai. (Pur/Humasdps)