Mangupura (Metrobali.com)-

Kegiatan penghijauan hari ini dilaksanakan di Desa Pererenan yang dihadiri langsung oleh Sekda Badung Adi Arnawa, Jumat (27/5) merupakan beberapa rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bank BPD Bali yang Ke-60 dengan tema “Transformasi Tiada Henti” yang di dalamnya terdapat makna hubungan manusia dengan alam yang ada di Kabupaten Badung. Pihak BPD Bali menyerahkan bantuan CSR berupa tanaman penghijauan sebanyak 345 pohon yang terdiri dari pohon beringin, pohon pule dan pohon bambu kuning yang akan ditanam di beberapa lokasi. Turut hadir Dirut BPD Bali I Nyoman Sudharma, Dirut Operasional BPD Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, DPRD Badung Wayan Regep, Kepala DLHK I Wayan Puja, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Sekda Badung Adi Arnawa mengatakan Pemerintah Badung sangat memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPD Bali beserta jajarannya, yang mana dalam rangka HUT Bank BPD Bali Ke-60 ini melakukan 1 (satu) langkah positif dalam rangka keberpihakan kepada lingkungan yaitu dengan melaksanakan penghijauan sebanyak 345 pohon. Karena kalau melihat kondisi daerah yang salah satunya sebagai salah satu destinasi pariwisata yang mendunia ini memiliki berbagai konsekuensi, salah satunya adalah terkait dengan pemanfaatan ruang. Bila pemanfaatan ruang tidak diimbangi dengan  penghijauan, tentu ini akan memberikan dampak negatif. Bagaimana pasokan oksigen termasuk kondisi air dalam tanah akan semakin berkurang sehingga akan semakin kesulitan mendapatkan sumber air bersih. “Upaya kita dalam rangka untuk pelestarian ini tidak hanya sekedar pada tataran wacana tapi sudah saatnya kita mulai melakukan aksi-aksi nyata. Kami di Pemkab Badung melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh BPD Bali. Kami mulai melakukan pemetaan lahan yang ada di Badung ini yang mana kira-kira kita bisa melakukan penghijauan dan yang paling penting bagi kita tidak hanya cukup bisa melakukan penanaman tapi kami barengi dengan perawatannya juga,” tuturnya.

Baca Juga :
Tiga usulan perubahan UU KPK versi pemerintah

Sementara Dirut BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan sebagaimana kita ketahui bahwa bumi serta alam ini saat ini sedang pemanasan global yang ditandai dengan titik suhu di masing-masing daerah dimulai panas, maka kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan penghijauan ini. “Di HUT Ke-60 kami Bank BPD Bali melaksanakan kegiatan ini sejalan dengan Bapak Bupati Badung yang telah melakukan beberapa kali kegiatan penghijauan di beberapa lokasi. Tentunya kita di Bali bisa menjadi contoh dari penurunan gas rumah kaca dan pemanasan global. Kami menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh masyarakat Desa Pererenan yang telah menerima untuk menjadi salah satu lokasi kami. Kegiatan pagi hari ini dan mudah-mudahan tanaman yang kita tanam hari ini bisa dipelihara dengan baik, serta kami bersama Pemkab Badung bisa kita lanjutkan secara bersama-sama program seperti ini. Semoga tetap jaya untuk membangun di Bali,”ujarnya.

Sumber : Humas Pemkab Badung