Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menerima audiensi Karang Taruna Kuta Selatan dan Manajemen GWK terkait persiapan lomba ogoh-ogoh mini.

 

Terima Audiensi Karang Taruna Kecamatan Kuta Selatan dan Manajemen GWK

Badung, (Metrobali.com)

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menerima audiensi Karang Taruna Kuta Selatan dan Manajemen Garuda Wisnu Kencana (GWK) perihal Lomba Ogoh- Ogoh Mini, Rabu (9/3) di ruang rapat Sekda Badung. Turut mendampingi Sekda Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta.

Dalam kesempatan ini Sekda Adi Arnawa, menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Badung sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan dan sekaligus mengajak kepada anak-anak muda dan komunitas agar segera mendaftarkan diri untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ogoh-ogoh yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kecamatan Kuta Selatan yang bekerjasama dengan pihak Garuda Wisnu Kencana (GWK). “Ayo segera mendaftar untuk ikut dalam lomba ogoh-ogoh sehingga dapat berkiprah pada event yang sangat strategis dan mudah-mudahan dengan adanya event yang pertama ini, nantinya kita bisa melakukan pelestarian seni dan budaya,  dan bisa menarik wisatawan untuk datang ke Bali dan khususnya ke Badung,”ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat luar biasa, dibalik opini yang sempat berkembang bahwa pawai ogoh-ogoh sempat diberhentikan akibat Covid-19 maka ruang kreatifitas anak-anak muda sempat terhenti. Dan sekarang ternyata ruang kreatifitas anak-anak muda kita dibawah karang taruna sekaligus  menuangkan inovasi-inovasi khususnya dalam rangka pelestarian seni dan budaya kita ini dibidang seni ogoh-ogoh ini. “Semoga langkah-langkah ini terus berlanjut karena sempat ada wacana pengarakan ogoh-ogoh tidak diberikan ruang karena covid. Sekarang sudah diberikan ruang untuk menampilkan karya ogoh ogoh walaupun dalam bentuk mini ogoh-ogoh, dan mudah-mudahan dengan langkah ini diharapkan nanti terutama kepada seniman-seniman kita untuk bisa menuangkan ide-idenya sehingga akan bisa menampilkan karya sesuai dengan harapannya. Ogoh-ogoh tidak hanya disaat Tawur Kesanga saja tetapi juga bisa ditempat-tempat bisnis seperti ini dan juga bisa ditampilkan dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, yang bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung untuk menikmati penampilan seni garapan para seniman dalam bentuk ogoh-ogoh,” jelasnya.

Baca Juga :
Koster : Ancam Sapu Bersih Pilkada Serentak

Sementara Ketua Panitia Lomba I Kadek Bayu Sihandharma dalam kesempatan ini menyampaikan maksud dan tujuan mengadakan kegiatan ini untuk mewadahi generasi atau seniman muda Bali untuk mengekspresikan sebuah seni ogoh-ogoh dalam bentuk mini ogoh-ogoh usaha melestarikan adat seni dan budaya Bali. “Lomba ini akan diadakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Uluwatu Kuta Selatan. Pelaksanaannya sudah dimulai dari pendaftaran pada tanggal 1 Februari sampai 20 Maret 2022. Untuk babak penyisihan pada tanggal 26-27 Maret dan babak final pada tanggal 2 April 2022. Harapan kami dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa mendorong para generasi muda dan para seniman muda untuk tetap berekspresi dalam gerak yang terbatas di bidang ogoh-ogoh mini, sebagai usaha kita bersama untuk menjaga kelestarian seni adat, dan budaya Bali,”ungkapnya. (RED-MB)