Foto: Kegiatan pengabdian sosialisasi Strategi Penguatan Manajemen Pemeliharaan Ternak sebagai Upaya Pencegahan Penyakit PMK di Kelompok Ternak Sapi Potong yang berlokasi di Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Gianyar (Metrobali.com)-

Minggu, 7 Agustus 2022. Satgas Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Fapet Unud) melaksanakan pengabdian sosialisasi perdana tentang Strategi Penguatan Manajemen Pemeliharaan Ternak sebagai Upaya Pencegahan Penyakit PMK di Kelompok Ternak Sapi Potong yang berlokasi di Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan ini adalah salah satu dari rangkaian dalam rangka menyambut HUT BK Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Fapet Unud) ke 60 yang berkolaborasi dengan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Rombongan Satgas Fapet Unud yang terdiri dari Dekan Fapet Unud, Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, M.S., IPU.; Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. Ir. Dewi Ayu Warmadewi, S.Pt., M.Si., IPM.; Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt., M.M., IPU., ASEAN Eng.; Ketua Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Wilayah Bali, Dr. Ir. Ni Luh Putu Sriyani, S.Pt., M.P., IPM., ASEAN Eng.; dan para dosen Fapet Unud. Rombongan disambut langsung oleh Klian Subak Abian Gunung Sari, I Gusti Made Oka Suta Wijaya; Klian Dinas Banjar Timbul, I Made Edi Andana; Prebekel Desa Pupuan, I Wayan Sumatra; PPL Pertanian Desa Sebatu dan Desa Pupuan, Ketua Kelompok Peternak Puncak Mesari, I Nyoman Kardi beserta pengurus.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Dekan Fapet Unud, Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, M.S., IPU. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa “Kegiatan ini merupakan upaya dari Dinas Provinsi Bali bersama dengan Satgas PMK Fapet Unud dan ISPI yang merupakan rangkaian menyambut HUT BK Fapet Unud ke 60 dalam merespon serta menanggulangi penyebaran PMK di Provinsi Bali. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat mampu secara efektif menanggulangi penyebaran PMK lebih meluas di Provinsi Bali. Harapannya, dalam beberapa bulan ke depan, kasus PMK di Provinsi Bali dapat mencapai 0 kasus”. Kegiatan ini turut menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dr. drh. I Gusti Agung Arta Putra, M.Si., yang menyampaikan tentang Manajemen Pemeliharaan Ternak untuk Pencegahan PMK; Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si., mengenai Manajemen Pakan Ternak untuk Pencegahan PMK; dan Anak Agung Nyoman Wijana, dengan topik Petunjuk Praktis Pencegahan PMK. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pemberian bantuan Bio Silika Karbon Cair dan molasis untuk membantu peternak melaksanakan pencegahan dan penanggulangan PMK di daerah ini.  (rls)

Baca Juga :
Kendaraan keluaran terbaru hanya konsumsi BBM RON tinggi

Sumber: https://www.unud.ac.id/