Jpeg

Denpasar, (Metrobali.com) –

Ketua KPUD Kota Denpasar I Gede John Darmawan mendatangi kantor DPP PKS di Jakarta, Kamis (3/9), untuk melacak rekomendasi (surat keputusan/SK) partai tersebut untuk pasangan calon I Made Arjaya-AA Rai Sunasri (Paket AS).

Pasalnya, saat mendaftar di KPU Denpasar, Rabu (2/9), kemarin PKS hanya bisa menyerahkan SK dalam bentuk scan. Sebagaimana diketahui, Paket AS yang diusung Koalisi Bali Mandara (KBM) mendapat rekomendasi dari partai Demokrat dan PKS.

“Saya sedang di kantor DPP PKS di Jakarta untuk verifikasi (SK untuk paket AS),” ujar John dikonfirmasi, Kamis (3/9).

Menurutnya, DPP PKS sudah mengkonfirmasi rekomendasi tersebut. Hasilnya, DPP PKS memang menerbitkan rekomendasi untuk paket AS sebagaimana yang tertera dalam SK scan yang diserahkan ke KPUD Denpasar. Dengan demikian, rekomendasi PKS untuk paket AS tidak ada masalah.

“SK itu benar ditandatangani presiden PKS, Anis Mata, dan sekretaris. Benar ada stempel dari DPP PKS,” katanya.

Ditegaskan John, pihaknya tidak hanya melakukan verifikasi faktual ke DPP PKS. Pihaknya mendatangi semua DPP partai yang menerbitkan SK untuk dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU Denpasar.

“Selain PKS, kami akan datangi DPP Demokrat untuk verifikasi SK untuk paket AS. SK DPP Gerindra dan Hanura untuk Resmi-Agung juga kami verikasi langsung ke DPP partai masing-masing,” jelasnya.

Mantan aktivisi KMHDI ini melanjutkan, proses verifikasi faktual itu dilakukan selama tiga hari, 3-5 September. Pihaknya tidak hanya melakukan verifikasi ke partai pengusung, tapi juga mendatangi lembaga yang mengeluarkan surat keterangan syarat calon, seperti Pengadilan Niaga Surabaya, dan lembaga lain yang mengeluarkan surat keterangan.

“Jadi seluruh berkas syarat pencalonan (rekomendasi partai) dan syarat calon akan diverifikasi langsung ke instansi yang mengeluarkannya. Itu berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini sampai 5 September. Hasil verikasi faktual akan kami sampaikan kepada pasangan calon. Jika ada kekurangan berkas, maka akan diperbaiki atau dilengkapi pada masa perbaikan pada tanggal 6-10 September,” demikian John. SIA-MB

Baca Juga :
Maling Buron, Eh Ketangkep di Pengadilan