Jembrana (Metrobali.com)

 

Bupati Jembrana I Nengah Tamba merealisasikan janji politik saat kampanye dengan memberikan makanan gratis kepada Lansia miskin. Bantuan berupa makanan siap saji secara simbolis diserahkan Bupati di di 3 lokasi, yaitu Kelurahan Loloan Barat, Kelurahan Banjar Tengah, dan Desa Kaliakah.

Sedangkan total penerima di Kabupaten Jembrana pada tahun 2022 ini sebanyak 367 penerima. Rinciannya, 7 penerima di Kecamatan Pekutatan, 79 penerima di Kecamatan Mendoyo, 37 penerima di Kecamatan Jembrana, 114 penerima di Kecamatan Negara, dan 130 penerima di Kecamatan Melaya yang tersebar di 30 Desa/Kelurahan.

Didampingi Kadis Sosial, dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata , bantuan simbolis itu diserahkan kepada H. Sapii Bahuri di Loloan Barat, Made Darma Putra di Banjar Tengah, dan Ketut Ratis di Banjar Peh.

Disela – sela penyerahan bantuan , Bupati asal Kaliakah ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu realisasi program visi misinya. Bupati mengakui ada sedikit keterlambatan dalam pencairan.
Hal itu dikarenakan harus menunggu pemenang tender dari penyedia program makanan siap saji.
Namun pihaknya berjanji tahun depan mekanismenya akan diubah sehingga lebih cepat dan mudah.

“Hari ini sudah kita mulai program pemberian asupan makanan jadi, pagi dan sore terhadap lansia yang kurang mampu. Ini merupakan tanggung jawab Bupati untuk memberikan asupan makanan kepada “pengelingsir” (Orang yang dituakan) yang kurang mampu sehingga beliau tidak terlantarkan,”ungkap Tamba.

Terkait pengawasan, Ia mengatakan sudah membentuk Tim Pengawasan dan setiap kali diantar makanannya akan dicatat dan didokumentasikan.
“Ini adalah hari pertama yang akan berlanjut sampai akhir tahun (program anggaran) dan tahun depan akan berlanjut,”sambungnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial dr Oka Parwata menyampaikan, untuk jumlah penerima bantuan makanan jadi bagi lanjut usia miskin dan/atau terlantar di Desa/Kelurahan ini se-Kabupaten Jembrana berjumlah 367 penerima di Tahun 2022 ini.
” Bantuan sebagai pelaksanaan rehabilitasi sosial untuk penanganan/penurunan risiko sosial yg ditujukan kepada Lansia miskin dan/atau terlantar masyarakat Jembrana,”terang Oka Parwata

Baca Juga :
Inilah 233 Caleg Yang Lolos Ke DPR Versi Sangga Nusantara

Sementara Ni Ketut Sukasih perwakilan keluarga penerima bantuan Made Darma Putra asal Banjar Tengah mengaku bersyukur atas bantuan yang telah diberikan. “Terimakasih Bapak Bupati atas bantuan makanan yang diberikan 2 kali sehari. Semoga ini bisa berlanjut seterusnya,”harap Sukasih. (Humas Pemkab Jembrana)

Editor : Sutiawan