Buleleng (Metrobali.com)-

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali dalam hal ini PWI Buleleng menggelar beberapa kegiatan. Salah satunya kegiatan peduli kemanusiaan berupa Donor Darah di Gedung Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Buleleng, pada Selasa, (1/3/2022).

Dalam aksi donor darah serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) ini, tercatat sebanyak 54 kantong bisa dikumpulkan dengan melibatkan para pendonor dari anggota PWI Buleleng, anggota Kodim 1609/Buleleng, Dishub Buleleng, Diskominfosanti Buleleng, BPBD Buleleng termasuk Bagian Prokom Setda Buleleng serta partisipan dari PMI Buleleng.

Ketua PWI Buleleng, Made Winingsih mengatakan, perayaan HPN di Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus PWI periode 2021-2024, untuk PWI Buleleng berinisiasi melakukan kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial tersebut diantaranya donor darah dan lomba tiktok.

“Kegiatan HPN se-Bali yang dipusatkan di Provinsi Bali menggelar kegiatan berupa jalan santai, gebyar UMKM dan bakti sosial di Panti Asuhan Tresna Werda Jara Mara Pati di Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar. Sedangkan khusus untuk PWI Buleleng hanya melaksanakan dua kegiatan, yakni donor darah dan lomba tiktok,” jelasnya.

Iapun menyebutkan dalam aksi donor darah ini, pihaknya di PWI Buleleng untuk kegiatan hari ini, hanya menargetkan pendonor sebanyak 30 orang. Namun, dari list yang dikirimkan oleh masyarakat dan organisasi lainnya, sudah terdaftar sekitar 75 orang.

“Semoga semua yang terdaftar bisa mendonorkan darahnya dalam keadaan kondisi sehat.” Ujarnya.

Winingsih berharap dukungan dan kepercayaan masyarakat mensukseskan kegiatan program PWI Buleleng yang bertemakan ‘Memberi darah, memberi Kehidupan’.

“Aksi sosial ini sangat berarti bagi kita semua, terutama bagi yang membutuhkan darah,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan Mutu, dr. Luh Widi Astiti mengungkapkan rasa terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan donor darah dari PWI Buleleng serangkaian HPN. Karena dengan aksi ini, ketersediaan stok darah di PMI bisa terjaga.

Baca Juga :
Beli Burung di Toko Online Eh, Malah Kena Tipu 10 Juta

“Menyambut perayaan hari Raya Nyepi, pelayanan PMI untuk donor darah masih dilayani sampai rabu, saat pengrupukan dari Pukul 08.00 Wita sampai Pukul 18.00 Wita kecuali emergency.

“Kecuali emergency ya. Jika kita tidak punya stok darah, baru kita ambil diluar ketentuan,” pungkas Luh Widi Astiti.

Salah satu pendonor asal Desa Pedawa, Yohan Saputra mengaku donor darah kali ini, merupakan untuk yang pertama kali diikutinya.

“Ini baru pertama kali. Baru pertama masuk ke tempat donor awalnya saya merasa takut lihat jarum suntik. Tapi saya coba untuk memberanikan diri. Saya kira habis donor akan terasa pusing, tapi ternyata normal dan biasa saja,” ujarnya.

Yohan Saputra berharap, kegiatan semacam ini ke depannya agar lebih sering diadakan pada event-event tertentu, karena donor darah merupakan salah satu hal terpenting dalam berdonasi.

Kegiatan donor darah hari ini tidak luput juga dari perhatian sejumlah pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. Salah satunya Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan yang turut hadir untuk menyumbangkan darahnya pada kegiatan donor darah ini.

 

Pewarta : Gus Sadarsana