Foto: Pengurus DPD PSI Jembrana saat di kantor KPU Jembrana.

Jembarana (Metrobali.com)-

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Jembrana sudah merampungkan segala macam persyaratan untuk verifikasi partai politik di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Jembrana. Jadi PSI Jembrana sudah siap verifikasi dan dijadwakan mengikuti verifikasi parpol pada Agustus 2022 ini.

Bahkan DPD PSI Jembrana sudah berkoordinasi dengan KPU Jembrana mengenai PSI Jembrana siap verifikasi dan juga koordinasi terkait pemutahiran data pemilih yang dihadiri Sekretaris DPD PSI Jembrana I Kade Wiastika.

“Kami sudah koordinasi dengan KPU Jembrana dan di awal Agustus kami siap verifikasi parpol,” kata Ketua DPD PSI Kabupaten Jembrana Dewa Putu Oka Saputra, Rabu (29/6/2022).

Politisi PSI yang akrab disapa Bro Dewa Oka ini mengungkapkan kesiapan DPD PSI Jembrana mengikuti verifikasi KPU juga sudah disampaikan kepada Ketua DPW PSI Bali Nengah Yasa Adi Susanto dan juga kepada DPP PSI serta dibahas pula dalam Kopi Darat Wilayah (Kopdarwil) DPW PSI Bali dengan DPD PSI Kabupaten/Kota se-Bali serta pengurus DPC PSI se-Bali di Bali River Retreat, Tabanan pada Minggu 12 Juni 2022 lalu.

Setelah merampungkan semua persyaratan verifikasi parpol, saat ini PSI Jembrana tengah fokus untuk pembentukan Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) dan persiapan rekrutmen bakal caleg dalam pencalegan jelang Pileg 2024.  “Kalau Bapilu di DPW PSI Provinsi Bali kan sudah dibentuk, tinggal di masing-masing DPD Kabupaten/Kota dan persiapan proses penjaringan bakal caleg,” ujar Dewa Oka.

Dikatakan Bapilu ini sangat vital dan strategis sebab bertugas dalam perekturan bakal caleg yang akan tarung di Pileg 2024, menyusun strategi untuk merebut kursi legislatif di Pileg 2024, persiapan saksi di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan lainnya.

Baca Juga :
Pangeran Phillip Dibawa ke Rumah Sakit

“Dalam Kordawil DPW PSI Bali bersama DPD PSI se-Bali persiapan rektutmen caleg itu (Bapilu dan pencalegan) juga sudah kita bahas dan kita akan matangkan lagi ke depannya. Kita akan jaring caleg-caleg mumpuni agar bisa terpilih dan agar PSI Jembrana punya wakil rakyat ke depannya,” tegas Bro Dewa Oka.

Di sisi lain PSI Jembrana juga terus hadir di tengah-tengah rakyat dengan kerja nyata dan berbagai program pro rakyat. Misalna di awal Juni 2022 lalu sebelum Hari Raya Galungan DPD PSI Jembrana bersama DPC PSI Kecamatan Jembrana menggelontorkan bantuan sembako dalam program PSI Jembrana Berbagai Kasih.

“Sebelum hari raya kami selalu memberikan kepedulian kepada masyarakat, memberikan sembako kepada orang-orang yang tidak mampu,” tutur Bro Dewa Oka.

Tidak hanya itu, PSI Jembrana juga berhasil menggerakkan ekonomi kerakyatan di “Gumi Makepung” Jembrana melalui fasilitasi program budidaya lele yang pertama kali dikembangkan di Kecamatan Mendoyo.

Panen lele dari program ini menunjukkan hasil yang memuaskan, masyarakat juga sangat antusias dan berharap program ini bisa dikembangkan di seluruh Jembrana untuk meningkatkan perekonomian warga terlebih di masa pandemi yang mana perekonomian belum pulih sepenuhnya.

“Masyarakat antusias karena mereka sudah dapat profit dan hasil dari budidaya lele ini,” tutur Bro Dewa Oka.

Program budidaya lele ini diinisiasi oleh Ketua DPC PSI Kecamatan Mendoyo Dewa Komang Yasa Adi Putra. Program sinergi dengan sejumlah pengusaha yang mengusung konsep kemitraan ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan di tengah masa pandemi Covid-19 dan mendongkrak peningkatan kesejahteraan masyarakat. (wid)