Foto: Ketua DPW PSI Provinsi Bali Nengah Yasa Adi Susanto (kanan), Raja Juli Antoni (kiri).

Denpasar (Metrobali.com)-

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menunjukkan kapasitasnya selaku partai politik yang baru seumur jagung tapi sudah mampu melahirkan kader-kader terbaik di level nasional bahkan mendapatkan kepercayaan di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui Presiden Jokowi pada Rabu (15/6/2022) menunjuk dan melantik Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Raja Juli menggantikan Surya Tjandra, koleganya di PSI.

Kader-kader PSI di daerah pun turut berbahagia dan berbangga salah satu kader terbaik PSI mendapatkan kepercayaan orang nomor satu di negeri ini diberikan tugas dan amanah sebagai wakil menteri.

“Tentu kami bangga salah satu kader terbaik PSI Bro Raja Juli Antoni diangkat sebagai Wamen sekalipun yang digantikan juga dari PSI Bro Surya Tjandra,” kata Ketua DPW PSI Provinsi Bali Nengah Yasa Adi Susanto, Rabu (15/6/2022).

Menurut Adi Susanto sosok Raja Juli Antoni memang punya kapasitas sebagai seorang Wamen dengan intelektualitas dan kiprahnya selama ini.  Raja Juli Antoni merupakan politisi PSI kelahiran Pekanbaru pada 13 Juli 1977 ini dengan latar belakang pendidikan yang membanggakan. Raja Juli mengenyam pendidikan tingginya di UIN Jakarta pada 2001.

Lalu ia lulus S-2 daria University of Bradford, Inggris melalui beasiswa Chevening. Raja juli mendapatkan beasiswa untuk menamatkan pendidikan S-3 di Australian Development Scholarship (ADS) dengan fokus ilmu politik dan studi internasional.

“Kita tentunya bangga Bro Raja Juli Antoni secara intelektual orang hebat. Tanpa bermaksud menyombongkan, PhD-nya di Australia, S-2nya di London. Jadi benar-benar tokoh kompeten,” ujar Adi Susanto.

Baca Juga :
DPD PDI Perjuangan Bali Gelar Dialog Interaktif Desain Kreasi Busana Adat ke Kantor Pakem Bali, Cetak Desainer Muda Cintai dan Angkat Produk Lokal Berdaya Saing

Pihaknya meyakini Raja Juli Antoni dapat mengemban tugas dengan baik dan menjawab kepercayaan Presiden Jokowi dengan memberikan yang terbaik, kerja, kerja, kerja dan prestasi

“Kalau bicara wakil menteri, kita dari PSI memberikan yang terbaik kepada Pak Presiden Jokowi. Kita sangat yakin Bro Wamen Raja Juli Antoni bisa mengemban tugas dengan baik membantu Menteri Agraria menyelesaikan tugas-tugas dengan baik yang terkait agrarian,” kata politisi PSI asal Karangasem ini.

Misalnya soal target pensertifikatan tanah diyakini bisa tuntas sesuai yang ditargetkan. “Ada target sekian puluh juta pensertifikatan tanah, saya rasa target dua tahun ini tercapai. Jadi kita bangga ada Bro Raja Juli Antoni di Kabinet Presiden Jokowi. Mudah-mudahan amanah, dapat membantu Pak Menteri untuk menyelesaikan permasalahan agrarian,” pungkas Adi Susanto.

Sebelumnya Raja Juli Antoni mengaku penunjukan dirinya sebagai wakil menteri merupakan sebuah amanah yang tidak mudah. Raja Juli pun meminta bimbingan untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai Wamen ATR/BPN.

“Ini adalah amanah yang tidak mudah dan tidak gampang, saya harus mengakui ini bukan bidang yang selama ini saya geluti,” ujar Raja Juli pada sambutannya usai melakukan sertijab, Rabu (15/6/2022).

dirinya mengakui tidak memiliki pengalaman secara langsung dalam mengurus atau menyelesaikan masalah pertanahan. Terlebih yang bakal menjadi pekerjaannya adalah mengurus masalah tanah masyarakat Indonesia.

“Tapi terus terang saya tidak mempunyai pengalaman konkret beneran untuk menyelesaikan masalah pertanahan. Jadi mohon dengan kerendahan hati, tentu dengan bimbingan Pak Menteri, saya tolong diajarkan, mohon dibimbing untuk sesegera mungkin beradaptasi,” ujar politisi muda PSI yang dikenal punya intelektualitas tinggi ini. (dan)