Foto: Kegiatan bakti sosial di balai desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, (25/06/2022).

Denpasar (Metrobali.com)-

Mewujudkan implementasi tridharma perguruan tinggi dibidang pengabdian masyarakat, program studi spesialis Ilmu Bedah FK Unud melaksanakan kegiatan bakti sosial di balai desa Pinggan, kecamatan Kintamani, Bangli. (25/06/2022)

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Departemen Ilmu Bedah FK Unud, dr. I Made Darmajaya, Sp.B-Sp.BA(K)., MARS., Koordinator Program Studi Spesialis Ilmu Bedah, Dr. dr. I Made Mulyawan, Sp.B-KBD., dan Kepala Desa Pinggan. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para warga setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan ini turut diikuti oleh peserta didik (residen) ilmu bedah, staff program studi ilmu bedah, serta alumni program studi spesialis ilmu bedah FK Unud.

Kegiatan diisi dengan penyuluhan awam tentang penyakit gondok dan gigitan ular, pengobatan gratis disertai dengan pemeriksaan darah sederhana seperti gula darah, kolesterol dan asam urat. Pasien yang memerlukan obat akan diperiksa dimeja pemeriksaan dan kemudian diberikan resep untuk kemudian ditukarkan dengan obat. Kegiatan ini juga disertai dengan skrining tumor dan kegiatan bedah minor. Apabila memerlukan tindakan atau pengobatan lebih lanjut, maka pasien akan diberikan surat keterangan dan diedukasi untuk ke fasilitas kesehatan lanjutan.

Tidak hanya sampai disitu, program studi spesialis ilmu bedah juga mengadakan kegiatan vasektomi yang bekerja sama dengan BKKBN dan puskesmas pembantu Pinggan, serta tidak lupa memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan ditutup dengan sembahyang bersama di Pura Dalem Balingkang untuk mengucap syukur karena seluruh rangkaian kegiatan bakti sosial di desa Pinggan, kecamatan Kintamani, Bangli telah berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan kedepannya sebagai bagian dari penerapan tridharma perguruan tinggi. (rls)

Baca Juga :
Wagub Kalsel Belajar Penanganan Stunting dan Wasting ke Bali

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1265-Program-Studi-Spesialis-Ilmu-Bedah-Fakultas-Kedokteran-Unud-Selenggarakan-Bakti-Sosial-di-Desa-Pinggan.html