Foto: Asesmen lapangan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Denpasar (Metrobali.com)-

Program Studi Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) mengikuti asesmen lapangan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka akreditasi program studi, Rabu (6/7/2022).

Pembukaan asesmen dihadiri oleh Rektor Unud, Ketua LP3M, Ketua LPPM, Kepala UPT Perpustakaan, Sekretaris USDI, Dekan FP dan jajaran beserta Koorprodi dan Tim Taskforce serta undangan lainnya bertempat Ruang Sidang Senat FP Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar. Adapun Tim Asesor yang melakukan asesmen yakni Prof. Dr. Ir. Muhammad Achmad Chozin, M.Agr (IPB) dan Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, Ph.D (Unsoed).

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam sambutannya menyampaikan secara umum mengenai Universitas Udayana yang tahun ini berumur 60 tahun, mudah-mudahan kedepan semakin baik. Beberapa waktu yang lalu Unud telah meraih predikat akreditasi institusi Unggul. Dari pemetaan sekitar 70 persen Prodi telah terakreditasi sangat baik dan unggul dan sisanya terakreditasi baik. Ini menjadi modal untuk bekerja keras mendorong Prodi yang terakreditasi baik menjadi sangat baik atau unggul. Hal ini menjadi tantangan, kemudian bagi yang sudah Unggul akan didorong menjadi Prodi yang terakreditasi internasional. Hal tersebut merupakan peta jalan pengembangan Prodi kedepan.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menginformasikan ada 9 Prodi yang terakreditasi internasional dan tahun ini diprogramkan 14 Prodi dan tahun depan 12 Prodi. Harapannya tahun depan Unud memiliki sekitar 35 Prodi terakreditasi internasional. Diharapkan juga Prodi Magister Agroekoteknologi dapat menjadi salah satunya. Pihaknya juga telah memberikan perhatian bagi Prodi ini yang sudah punya SDM yang mumpuni, disamping itu networking-nya juga sudah sangat bagus dan sudah memainkan fungsinya ditingkat regional bahkan jaringannya sudah sampai ke luar negeri sehingga pembelajaran bisa berlangsung dengan baik.

Baca Juga :
Sinergi AESI, IESR dan Koperasi Amoghasiddhi Dorong Energi Surya Jadi Ujung Tombak Bali Provinsi Energi Bersih

Dengan modal yang sudah dimiliki diharapkan memberikan nilai tambah bagi Prodi. Rektor berharap mudah-mudahan acara berjalan lancar sesuai harapan bersama dan perkembangan Prodi memberikan kontribusi bagi Universitas Udayana. Masukan-masukan dari Asesor juga sangat diharapkan untuk dikaji lebih lanjut sehingga pelaksanaan Tridharma di Prodi bisa berjalan sesuai harapan bersama.

Sementara perwakilan Tim Asesor Prof. Dr. Ir. Muhammad Achmad Chozin, M.Agr menyampaikan bahwa pihaknya sebagai asesor ditugaskan oleh BAN-PT untuk melaksanakan asesmen lapangan di Prodi Magister Agroekoteknologi FP Unud. Sesungguhnya ingin dapat luring namun belum diperkenankan, dan hal ini tidak mengurangi artinya melalui pelaksanaan secara daring. Asesor mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Unud, dimana diterima langsung oleh Rektor yang sangat jarang terjadi dan ini merupakan wujud komitmen pimpinan yang sangat baik untuk pengembangan program studi. Selama dua hari ini pihaknya akan melakukan asesmen secara daring dan ingin melakukan pemotretan agar apa yang disampaikan dalam laporan betul-betul sesuai aslinya. Dalam pelaksanaan asesmen ini agar saling terbuka saja dan melihat dari semua sudut pandang. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4653-Tim-Asesor-BAN-PT-Lakukan-Asesmen-Lapangan-Secara-Daring-Pada-Prodi-Magister-Agroekoteknologi-FP-Unud.html