Klungkung ( Metrobali.com )
Peringatan HUT Lalu Lintas tahun 2012 kali ini, mengangkat tema ” Dengan semangat hari ulang tahun lalu lintas Bhayangkara ke- 57 kita tingkatkan pelayanan prima polantas kepada masyarakat, anti KKN dalam rangka mewujudkan keamanan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang mantap”. Tema tersebut teleks dari Kapolri Jandral Polisi Drs. Timur Pradopo yang dibacakan Waka Polres Klungkung Kompol I Wayan Gd Suwahyu, SH. MH. Hut Lantas diadakan pada hari Minggu 23/9 di halaman Sat Lantas Polres Klungkung.

Tema diatas sangat relevan sebagai sarana melakukan evaluasi bagi penyempurnaan kinerja organisasi dan sebagai cermin tekad dan komitmen bagi sergenap anggota lalu lintas polri untuk meningkatkan semangat soliditas dan profesionalisme guna memberikan pelayanan pengabdian terbaik kepada masyrakat.

Untuk mencapai pelayanan yang berkualitas bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kesungguhan upaya dan kerja keras dari seluruh komponen jajaran korps lalu lintas beserta segenap unsur pendukungnya dalam mewujudkan komitmen tersebut. Dengan demikian tema diatas menjadi landasan kegiatan aplikatif sebagai langkah kongkrit yang hasilmya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tunjukan jati diri sebagai lembaga publik yang profesional dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik.

Melalui kesempat ini Kapolri berpesan agar seluruh jajaran lalu lintas dapat terus menunjukkan karakter pribadinya melalui semangat pengabdian dan etos kerja yang tinggi, agar berbagai prestasi yang selama ini telah diraih bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi, ujar Suwahyu membaca telek dari Kapolri.

Disamping itu pula ada beberapa pesan dan harapan yang disampaikan Kapolri dalam peringatan HUT itu yaitu laksanakan tugas pelayanan secara profesional dan proporsional dengan berlandaskan keiklasan serta kaidah taat hukum, taat prosedur dan taat etika. Tingkatkan kematangan dan kedewasaan emosional dalam setiap pengambil keputusan di lapangan, terutama pada saat penerapan diskresi kepolisian, agar keputusan yang diambil dapat memberikan manfaat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan tugas, agar keberadaan setiap personel polantas dapat membawa dampak dan citra positif institusi maupun masyarakat luas.Tingkatkan terus kewaspadaan anggota di lapangan, agar dapat menilai setiap perkembangan situasi dengan cermat dan dapat menentukan tindakan kepolisian dengan cepat dan tepat, papar Suwahyu.

Baca Juga :
Film dokumenter sejarah rempah Nusantara akan tayang di Amsterdam

Kegiatan HUT lalu lintas di mapolres Klungkung ini dihadiri anggota Polantas Polres Klungkung bersama keluarga diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Wakapolres Kompol Wayan Gede Suwahyu yang diberikan kepada anggota termuda dan tertua. Diharapkan dengan komitmen rersebut Korp lalulintas dapat menunjukkan jatidirinya sebagai lembaga public yang professional dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Salah satu prestasi penting yang membanggakan Korp lalulintas adalah
penghargaan pemerintah kepada Polri dibidang pelayanan public yaitu national Trafific Management Center(NTMC) Korlantas Polri dan satuan administrasi penerbit SIM Daan  Mogot pada ajang Kompetensi Open Government Indonesia (OGI)tahun 20122.

“Saya minta mind set budaya biasa dilayani hendaknya mampu diubah menjadi ikhlas melayani masyarakat,”ujar Suwahyu tegas.  Sementara itu kasat Lantas Polres Klungkung  AKP Made Sutarjana SH pada kesempatan tersebut bertekad untuk melaksanakan perintah kapolri untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Dirinya memegang moto kami memang belum sempurna tapi kami akan selalu berusaha aktualisasikan kegiatan satlantas Polres Klungkung.” Sat lantas Polres Klungkung siap memberikan layanan “TOP” tepat, obyektif professional,” tegasnya.
Dirinya mengaku merayakan HUT Lantas Polres Klungkung dengan sederhana namun penuh makna dan tanggung jawab memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Klungkung. SUS-MB