Denpasar (Metrobali.com)-

Kepolisian Daerah Bali meningkatkan pengawasan keamanan di sejumlah pintu masuk dan keluar Pulau Dewata serta objek vital melalui kamera pengawas atau “CCTV” yang dipantau langsung petugas.

“Itu sudah menjadi bagian dalam operasional Polda Bali baik di Biro Operasi maupun Direktorat Lalu Lintas yang dimanfaatkan untuk memantau aktivitas masyarakat di sejumlah pintu masuk Bali termasuk gangguan keamanan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Komisaris Besar Hariadi di Denpasar, Selasa (16/7).

Menurut dia, saat ini sudah lebih dari 100 kamera pengawas yang disebar di sejumlah titik strategis di Pulau Dewata seperti Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembana, Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, serta sejumlah tempat wisata.

Dia mengungkapkan bahwa adanya kamera pemantau yang terhubung langsung ke Polda Bali itu sangat membantu petugas dalam memantau aktivitas masyarakat di area publik dan membantu polisi dalam melaksanakan penyelidikan apabila terjadi kasus kriminal.

“CCTV sangat membantu kami dalam memantau dan melakukan pengawasan termasuk bersinergi personel di lapangan dan perangkat lunak,” ucapnya.

Dalam berbagai aksus kriminal, CCTV berperan dalam membantu polisi mengungkap aksi kejahatan seperti adanya perampokan di sejumlah vila di Pulau Dewata yang tersangkanya berhasil ditangkap berkat adanya rekaman CCTV.

Dia menjelaskan bahwa dukungan pengadaan sarana teknologi dan informasi selain melalui melalui CCTV, juga pemasangan jaringan komunikasi antarkesatuan kewilayahan untuk menjaga keamanan Pulau Dewata.

Pihaknya juga telah merevitalisasi dan refungsionalisasi sistem “Call Center” yang sudah beroperasi sejak tahun 2002.

“Call Center” tersebut merupakan pusat informasi dalam hal memberikan suatu informasi, pengaduan, dan pelaporan secara langsung maupun melalui peranan teknologi terhadap berbagai kejadian seperti gangguan keamanan, bencana alam serta laporan tentang keadaan darurat di suatu daerah tertentu.

Baca Juga :
KPU Denpasar Tetapkan Empat Lokasi Kampanye

Selain itu, pusat kendali pengawasan kamtibmas yang berada dibawah kendali Biro Operasi Polda Bali itu diharapkan membantu kinerja petugas di lapangan yang bekerja sama dengan instansi terkait seperti dari unsur keamanan adat dan Badan Keamanan Desa. AN-MB