Denpasar (Metrobali.com)-

Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra, SH, MSi, didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Ketut Suardana, MSi, didauat sebagai road captain dalam ajang event bersepeda menjelajah keliling Pulau Bali sejauh 200 km bertajuk “Women Endurance Extra” (Wextra) yang akan dihelat pada Sabtu, 16 Juli 2022 mendatang. Berangkat dari titik start di Menara Bank Mandiri Denpasar, melintasi Pantai Soka, Negara, Tugu Cekik Gilimanuk, Pura Pulaki, dan finish di Gedung Mandiri Singaraja.

Ketua Women Cycling Community (WCC) yang juga selaku race leader Wextra 2022 Lara Prasetya menjelaskan, event tahunan ini dibagi menjadi 2 kategori, di mana untuk jarak tempuh 200 km diikuti oleh seluruh cyclist pria maupun wanita. Pendaftaran ditutup pada Sabtu (9/7) lalu dan diikuti 125 peserta berbagai kalangan, yang telah mempersiapkan diri dengan berlatih rutin sejak pendaftaran dibuka 2 bulan lalu.

“Peserta pada kategori ini (200 km) kebanyakan adalah para sports enthusiast dalam negeri yang mempunyai karakteristik rutinitas latihan di jalur bersepeda jarak jauh. Kategori ini tidak diadakan sebagai race kompetisi, sehingga para peserta akan mengayuh sepeda sesuai dengan kemampuan pribadi atau komunitas, namun tetap memperhatikan tata tertib yang ditentukan oleh panitia,” kata Lara Prasetya, Senin (11/7), seraya menuturkan, ajang Wextra ini juga mendapat restu dari Wakil Gubernur (Wagub) Bali Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, MSi, yang akrab disapa Cok Ace

Kategori andalan dari Wextra adalah bersepeda keliling Bali dengan jarak tempuh 369 km dalsm durasi waktu (cut off time) 18 jam yang hanya diperuntukan bagi perempuan, “Event ini adalah wadah bagi mereka untuk lebih leluasa berkompetisi dengan sesama jenis (perempuan, red) untuk menggali potensi diri masing-masing. Diikuti 15 cyclist yang terdiri dari para sports enthusiast dari Jakarta, Semarang, Bali, Jawa Timur, yang kesemuanya berharap menjadi “Queen of Endurance” dan bisa menginspirasi para perempuan lain,” ujar Lara Prasetya.

Baca Juga :
Kapolri Akan Tegur Kapolda dan Kapolres yang Belum Tindak Premanisme

Dihubungi secara terpisah, Kapolda Bali menjelaskan, Bali sebagai kota tujuan wisata mempunyai potensi besar untuk mengadakan kegiatan olahraga berskala national maupun internasional. Seperti, kegiatan sports tourism ini menjadi bentuk liburan yang banyak mendatangkan manfaat bagi dunia pariwisata Indonesia, khususnya Bali.

Mengingat, sejak pandemi, kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan gaya hidup semakin meningkat. Kolaborasi antara komunitas, penyelenggara, dan pemerintah untuk menyukseskan event-event olahraga adalah bentuk sinergi berkelanjutan yang harus terus dipupuk. “Seluruh peserta harus mengikuti tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia, juga mematuhi aturan lalu lintas selama dalam perjalanan,” pesan Kapolda Bali.

Wextra mengusung jargon-jargon international seperti “Brake My Barriers”, “Queen of Endurance”, “I Go We Go My Endurance My Strength“ dan diharapkan mampu merepresentasikan kesungguhan para peserta untuk menginspirasi perempuan lain saat berlaga di kompetisi endurance khusus perempuan.

Pembina Komunitas WCC Bal Meutya Havidz menambahkan, kegiatan ini akan mengangkat harkat dan martabat perempuan Indonesia di dunia olahraga. “Sampai jumpa di hari kompetisi Sabtu, 16 Juli 2022,” katanya singkat.