Mangupura (Metrobali.com)-
              Bupati Badung diwakili Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Jumat (30/12) meresmikan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Kabupaten Badung tahun 2011. Kegiatan yang dilaksanakan di Wantilan Tegal Narungan, Sobangan, Mengwi tersebut juga dikaitkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba pasar desa serta bantuan alat produksi Teknologi Tepat Guna (TTG). Acara tersebut dihadiri pula Ketua TP PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung selaku Bunda PAUD Badung, Anggota DPRD Badung IGA Wiadnyana, pejabat terkait serta masyarakat setempat.
            Bupati Badung dalam sambutannya menekankan, pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan memperkuat kapasitas kelompok masyarakat miskin untuk terlibat dalam pembangunan. PNPM-MPd yang sudah berjalan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena masyarakat langsung sebagai pelaku/subyek sekaligus obyek pembangunan dan masyarakat terlibat dari proses perencanaan sampai pengawasan pembangunan tersebut.
            Disisi lain Bupati menyampaikan, dalam rangka melindungi dan mengoptimalkan fungsi pasar desa, perlu adanya penataan pengelolaan pasar desa sebagai perwujudan dari upaya pemberdayaan masyarakat, melalui peningkatan kapasitas kelembagaan, pembinaan dan penyuluhan yang mendukung pengembangan pasar desa tanpa meninggalkan unsur tradisionalnya. “Berkembangnya pasar desa tergantung pada pedagang dan pembeli. Kepuasan pedagang dan pembeli serta inovasi dalam pengelolaan pasar desa merupakan suatu hal yang perlu menjadi prioritas,” imbuhnya. Sementara penyerahan bantuan alat produksi TTG kepada kelompok tani rumput laut di desa Kutuh, sebagai bentuk apresiasi Pemkab Badung terhadap berkembangnya ekonomi kerakyatan khususnya budi daya rumput laut.
            Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa Putu Gede Sridana melaporkan, jenis-jenis kegiatan PNPM-PMd yang telah dilaksanakan di Badung antara lain; di Kecamatan Kuta Selatan, pembukaan badan jalan giri sari kulat, pemapingan jalan setra ganda mayu, pemapingan jalan lumba-lumba dan jalan layur, pembangunan TK Widya Kumara serta pembangunan saluran jalan jetung. Di Mengwi, pembangunan gedung PAUD Kumara Giri, rehab gedung TK Kumara Stana, jalan rabat beton dan saluran drainase. Di Abiansemal, pembangunan jalan dan pemandian umum, posyandu lansia dan balita, pelatihan salon, jalan paving, drainase, gedung PAUD, senderan dan jalan rabat beton, drainase jalan pemandian, jalan Subak Tegal Lantang dan pasar desa. Di Petang, jalan rabat beton, saluran irigasi, saluran drainase dan jalan lingkungan. “ Seluruh kegiatan tersebut bersumber dari dana APBD dan APBN, khusus PNPM-MPd tahun anggaran 2011, APBD Badung mendampingi sebesar Rp. 2.560.000.000,” katanya.
            Dalam kegiatan lomba pasar desa, juara I diraih Pasar Desa Adat Legian, juara II Pasar Desa Adat Sibang Gede dan Juara III Pasar Desa Adat Blahkiuh. Sementara bantuan alat produksi TTG diberikan kepada Kelompok Wanita Tani Rumput Laut Sri Rahayu, KWT Merta Nadi dan KWT Mekar Sari, yang ketiganya dari Desa Kutuh, Kuta Selatan.
            Usai kegiatan tersebut, Sekda Badung Kompyang  R. Swandika bersama Bunda PAUD Ny. Ratna Gde Agung sempat menunjau bangunan PAUD di Tegal Narungan, Sobangan yang baru selesai dibangun melalui dana PNPM-MPd.
Baca Juga :
Kontak Tani Amatra Center, Gelontor 20 Milyar untuk pertanian