Jakarta (Metrobali.com)-

Pimpinan MPR RI pada Jumat menyelenggarakan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi-fraksi dan kelompok DPD RI, membahas persiapan pelantikan Ketua MPR RI Sidarto Dhanusubroto, yang menggantikan kedudukan Taufiq Kiemas almarhum.

“Rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi-fraksi dan kelompok DPD RI di MPR RI pada hari ini, karena PDI Perjuangan baru menyerahkan nama calon pengganti Pak Taufiq (almarhum) pada Kamis (4/7),” kata Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena Suharli di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Ia menjelaskan, setelah dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pimpinan MPR menerima nama pengganti ketua lama, segera meneruskan ke ketua umum masing-masing partai politik di MPR RI serta Ketua DPD RI.

“Pada rapat konsultasi hari ini, pimpinan fraksi-fraksi dan kelompok DPD RI di MPR RI menyampaikan pandangannya masing-masing,” katanya.

Sebanyak sembilan fraksi dan kelompok DPD RI di MPR RI akan menyampaikan pandangannya terhadap sosok Sidarto Dhanusubroto yang diajukan oleh PDI Perjuangan.

Politisi Partai Demokat ini menambahkan, Fraksi Partai Demokrat MPR RI setuju mengenai penetapan Sidarto Dhanusubroto sebagai Ketua MPR RI.

“Fraksi Partai Demokrat MPR menilai, Sidarto adalah figur yang tepat untuk menggantikan almarhun Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR RI,” katanya.

Ia menambahkan, pimpinan MPR RI menjadwalkan menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua MPR RI Sidarto Dhansubroto pada Senin (8/7).

Pada Kamis siang Megawati Soekarnoputri didampingi sejumlah elite PDI Perjuangan yakni Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Yasona Laoly menyerahkan nama Sidarto Dhanusubroto ke pimpinan MPR RI. INT-MB

Baca Juga :
ASITA Dorong BBTF Jadi Event Promosi Pariwisata Kelas Dunia