Kamis (10/3) Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memimpin gerakan menanam  tanaman pangan. Kegiatan ini mengambil lokasi di TPS 3 R Paku Sari, Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan. 
Denpasar (Metrobali.com)-
Tim Penggerak PKK Kota Denpasar mengagendakan berbagai kegiatan dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 tingkat Nasional. Pada Kamis(10/3) Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memimpin gerakan menanam  tanaman pangan. Kegiatan ini mengambil lokasi di TPS 3 R Paku Sari, Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan.
Hadir dalam kesempatan tersebut istri Wakil Wali Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. I.A Widnyani Wiradana dan TP PKK Kecamafan Denpasar Selatan serta Kelurahan Panjer.
“Kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan peringatan HKG tingkat Nasional ke-50, dengan menggiatkan secara berkesinambungan penanaman tanaman pangan,” ujar Antari Jaya Negara disela-sela  penanaman bibit pohon terong, hingga cabe.
Lebih lanjut Antari Jaya Negara menyampaikan kegiatan penanaman tanaman pangan di TPS 3R Kelurahan Panjer dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Disamping mengelola sampah dari rumah juga dapat memanfatakan sampah menjadi pupuk dan dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan di pekarangan rumah. Seperti pengelolaan pupuk kompos di TPS 3R setempat dapat dimanfaatkan langsung pada lokasi kebun tanaman pangan yang satu lokasi dengan TPS 3R.
Antari Jaya Negara juga mengungkapkan bahwa ini kegiatan ini tidak terlepas dari sinergitas bersama, OPD Pemkot Denpasar yakni Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dengan memberikan  bibit tanaman pangan. Disamping itu sinergitas  bibit tanaman pangan juga datang dari Universitas Dwijendra.
” 10 program pokok PKK disinergikan dengan OPD sebagai upaya gerak cepat dalam membantu pemerintah supaya program PKK bisa tersentuh langsung dengan masyarakat di bawah. Melalui sinergitas dengan OPD terkait dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti mengatasi stunting dan kurang gizi,” ujar Antari Jaya Negara.
Sementara Ketua TP. PKK Kelurahan Panjer  Ny. Grace Ariwibawa menyampaikan bahwa dipilihnya lokasi TPS 3R Paku Sari sebgaai lokasi awal melakukan penanaman tanaman pangan untuk edukasi kepada masyarakat. Lokasi TPS 3R yang sering mendapat citra kotor dapat menjadi lokasi berkebun tanaman pangan dan tentunya sangat bermanfaat bagi penguatan ketahanan pangan di lingkungan masyarakat. “Nantinya kegiatan ini berlanjut bagi kader PKK yang ada di kelurahan Panjer dalam memanfaatkan pekarangan untuk kegiatan bercocok tanaman pangan yang tentu sangat bermanfaat bagi penguatan ketahanan pangan di keluarga,” ujarnya.
Sumber : Humas Pemkot Denpasar
Baca Juga :
Pemerintah Buka Seleksi Pendidikan Ikatan Dinas untuk Lulusan SMU