Buleleng (Metrobali.com)-

Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno IV Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng Menggelar Pameran Produk Unggulan Kabupaten Buleleng, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Jumat (3/6).

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk upaya untuk menggugah
pegawai dan masyarakat untuk ikut berbelanja dan memanfaatkan produk-produk lokal. Utamanya produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng.

“Ini sesuai dengan arahan presiden dan pemerintah pusat, untuk meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri. Kita mulai dengan produk lokal daerah sendiri,” ucapnya.

Ke depan, Suyasa berharap produk-produk UMKM Buleleng semakin banyak diminati dan dikonsumsi. Tentunya, dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam menggunakan produk UMKM lokal, perekonomian daerah bisa terbantu untuk melaju semakin kuat.

“Dan membangun juga mendorong menguatkan UMKM itu sendiri. Karena merupakan pondasi keuangan negara kita,” katanya.

Ditanya mengenai kondisi umum UMKM di Kabupaten Buleleng, Suyasa mengaku semuanya kini memiliki kondisi yang lebih baik.
Hal tersebut dikarenakan sudah terjadinya relaksasi peraturan, sehingga masyarakat lebih terbuka dalam berinteraksi. Mobilitas masyarakat luar daerah untuk datang ke Buleleng pun sudah lebih ramai. Hal ini menjadikan peluang transaksi ekonomi semakin luas. Dan kesempatan untuk mempromosikan produk lokal UMKM juga lebih tinggi.

“Terlebih juga, ada instruksi Presiden untuk meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri. Kita harus bersama-sama bangga dengan produk buatan Indonesia. Semakin banyak dan baik produknya, harusnya jadi orientasi kita untuk menggunakan dan mengkonsumsinya. UMKM akan lebih kuat” paparnya.

Lebih lanjut, Suyasa menyampaikan bahwa kegiatan Gelar Produk Unggulan Daerah ini, merupakan contoh kolaborasi yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Buleleng. Demikian dalam kolaborasi tersebut, terselip kebersamaan untuk semakin mencintai bangsa dengan bangga menggunakan produk lokal daerah.

Baca Juga :
Golkar Komitmen 30 % Keterwakilan Perempuan

“Utamanya di Bulan Bung Karno dimana kita memupuk kebersamaan, memperkuat diri, bangsa dan negara untuk menghadapi segala ancaman dan tantangan hambatan. Pada kegiatan mendatang, harus memperteguh berkolaborasi sehingga bersama-sama semakin kuat,” pungkasnya.

 

Sumber : Humas Pemkab Buleleng