Mangupura (Metrobali.com)-
Dalam rangka memperingati Hari Aids se-Dunia (HAS) tahun ini, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Badung menyelenggarakan Jalan Santai di Lapangan Puspem Kabupaten Badung, Jumat (9/12). Penyelenggaraan jalan santai diawali dengan pelepasan seribu balon oleh Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta didampingi Ketua Komisi D DPRD Badung I Gst. Ngr. Agung Wiadnyana, Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Ketua TP. PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung dan diikuti seluruh Jajaran Muspida, Pimpinan SKPD dan seluruh peserta jalan santai.
Dalam sambutannya Sudikerta selaku Ketua Harian KPAD Badung mengatakan, Kabupaten Badung sampai bulan Juli yang lalu menduduki peringkat ke 3 yang mana pada tahun sebelumnya pernah menduduki peringkat ke 2 setelah kota Denpasar dan Buleleng, dengan jumlah kasus seluruhnya sebanyak 744 kasus. HIV sebanyak 380 dan Aids 384 dengan total meninggal 70 orang. Penularan terbanyak melalui hubungan seksual, dan terbanyak menyerang usia produktif, kondisi ini sangatlah memprihatinkan. Untuk itu setiap tahunnya di Bulan Desember dunia memperingati sebagai hari aids seduani yang akan selalu mengingatkan kita untuk dapat berbuat sesuatu dalam menyelamatkan generasi dari bahaya HIV dan AIDS.
Lebih lanjut Sudikerta memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Pemda Badung khususnya Tim Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Badung yang telah memprakarsai kegiatan ini. Sudikerta berharap semoga kegiatan serupa tetap dilaksanakan agar Bali pada umumnya serta Badung pada khususnya dapat terhindar dari bahaya HIV dan Aids.
Ketua Panitia I Nyoman Predangga dalam laporannya melaporkan tujuan dari peringatan Has tahun ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman komitmen dan kepedulian seluruh unsur masyarakat, khususnya di dunia usaha dan dunia kerja dan sektor terkait di tingkat pusat maupun daerah berkaitan dengan penanggulangan HIV dan AIDS agar terlaksana secara terpadu dan terkoordinasi antar sektor pemerintah, swasta, LSM dan masyarakat dalam menekan laju epidemic HIV dan AIDS di Indonesia, Bali dan Badung pada khususnya. Peringatan HAS tahun ini mengambil tema “lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV dan AIDS” dengan sub tema “Penanggulangan HIV dan Aids di tempat kerja sebagai bagian dari peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja”
Hadir pula pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Badung I Wayan Reta, Ketua WHDI Badung Ny. Ketut Sudikerta, Ketua DWP Badung Ny. Kompyang R. Swandika, para siswa SMP dan SMA di Kabupaten Badung dan para tokoh peduli AIDS di Kabupaten Badung. SUT-MB

 

Baca Juga :
Wabup Kasta Tinjau Sungai Candigara Meluap di Desa Kusamba