Bagi beberapa orang, bus masih menjadi alternatif terbaik untuk melakukan perjalanan jauh. Apalagi bila daerah tujuan tidak dapat dijangkau oleh pesawat maupun kereta api. Di sisi lain, ongkos perjalanan menggunakan bus cenderung lebih hemat, cocok untuk masyarakat dengan bujet terbatas.

Keuntungan lainnya adalah tersedia berbagai operator bus seperti bus PO Sumber Alam, LORENA, AGRA Mas, Sinar Jaya, dan Titian Mas. Dengan pilihan operator bus yang beragam, penumpang bisa saling membandingkan untuk menemukan bus terbaik.

Terlepas dari operator bus mana yang akan digunakan, Anda juga perlu mencari tahu tips agar baterai HP tidak cepat habis selama perjalanan jauh. Sebagai jawabannya, ini dia 5 cara  yang bisa Anda lakukan untuk menghemat daya HP.

 

1. Nyalakan Fitur Power Saving

Salah satu cara umum yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai HP adalah mengaktifkan Power Saving Mode.

Ketika fitur ini diaktifkan, sistem akan membatasi aktivitas yang menguras banyak daya secara otomatis. Contohnya adalah menurunkan kecerahan layar dan mematikan koneksi Bluetooth atau WiFi karena aktivitas tersebut mampu memakan banyak daya.

Oleh karena itu, saat baterai HP mulai melemah, pengguna disarankan untuk mengaktifkan fitur ini. Power Saving Mode dapat diaktifkan dengan mengakses menu Pengaturan/Setting, lalu pilih opsi Battery.

 

2. Gunakan Airplane Mode

Seperti namanya, fitur Airplane Mode biasa diaktifkan saat pengguna akan bepergian menggunakan pesawat. Ketika fitur ini diaktifkan, Anda pun tetap bisa menggunakan perangkat tanpa mengganggu sistem komunikasi pesawat selama penerbangan.

Meski begitu, Airplane Mode ternyata juga dapat diaktifkan sekalipun Anda tidak sedang naik pesawat. Fungsinya adalah untuk menghemat baterai HP. Begitu Airplane Mode dinyalakan, sistem akan menghentikan proses background yang sedang berjalan.

Baca Juga :
KPK Panggil Mantan Pejabat PT PLN Nicke Widyawati

Dampaknya, penggunaan baterai pun jadi lebih awet selama Anda menempuh perjalanan panjang.

 

3. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara ketiga untuk menghemat baterai HP adalah coba periksa aplikasi mana saja yang berpotensi menghabiskan banyak daya. Jika memang aplikasi tersebut tidak dipakai segera matikan agar tidak menyedot kapasitas baterai yang tersisa.

Seperti yang kita tahu, HP saat ini telah dilengkapi dengan kemampuan multitasking yang artinya pengguna dapat membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Sayangnya, keuntungan multitasking ini membuat beban kerja CPU jadi lebih berat dan baterai pun lebih cepat habis.

Oleh karena itu, bila memang terdapat aplikasi yang tidak dipakai Anda bisa mematikannya. Lebih jauh lagi, jangan ragu untuk menginstall aplikasi yang memang tidak digunakan. Hal tersebut juga dapat membantu Anda dalam menghemat daya ponsel.

 

4. Aktifkan Dark Mode

Pada sebuah gelaran Google Dev Summit tahun 2018, Google menyebutkan bahwa penggunaan Dark Mode ternyata mampu mencegah baterai cepat habis. Hanya saja, fitur Dark Mode akan bekerja secara optimal pada smartphone yang memiliki layar OLED.

Ini terjadi karena piksel pada layar OLED akan mati saat menampilkan warna hitam. Berbeda dengan layar LCD yang tetap menyala meskipun sedang menampilkan warna hitam.

Tak berhenti sampai di situ, Google pun sempat melakukan tes dengan menaikkan level kecerahan ke angka 100% saat menonton YouTube dengan fitur Dark Mode. Hasilnya, fitur Dark Mode memangkas baterai 43% lebih rendah daripada mode normal di level kecerahan yang sama.

Sementara di level kecerahan 50%, pengaktifan fitur Dark Mode mampu menurunkan penggunaan baterai sebanyak 4% dari mode normal. Jika ponsel tidak menyediakan fitur Dark Mode, sebagai gantinya kurangi level kecerahan layar untuk menghemat baterai HP.

Baca Juga :
Bali Akan Jadi Pelopor Penerapan Energi Baru dan Terbarukan

 

5. Matikan Notifikasi

Tahukah Anda bahwa pemberitahuan atau notifikasi ternyata mampu membuat baterai HP cepat habis? Dalam praktiknya, notifikasi aplikasi membutuhkan daya agar dapat mengirimkan suatu pemberitahuan ke pengguna melalui layar ponsel.

Jika ingin baterai lebih irit selama perjalanan jauh, tak ada salahnya untuk mematikan notifikasi dari sejumlah aplikasi yang tidak penting. Untuk menonaktifkan notifikasi, Anda bisa cek menu pengaturan yang ada pada aplikasi tersebut.

 

Itulah 5 tips menghemat baterai HP yang bisa Anda terapkan selama melakukan perjalanan jauh menggunakan bus. Selain 5 cara di atas, Anda juga bisa membawa Powerbank atau mencari operator bus yang menyediakan fasilitas charging port HP.

Untuk mendapatkan operator bus yang sesuai dengan kriteria, Anda bisa memesan tiket bus dan travel online di Traveloka. Traveloka sendiri telah bekerja sama dengan berbagai operator bus yang ada di Indonesia. Dengan pilihan bus yang beragam, pengguna jadi punya banyak opsi dalam menentukan operator yang pas. Promonya pun menarik, seperti Traveloka EPIC Sale yang hadir kembali pada 31 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022.