Buleleng, (Metrobali.com)-

Guna menghadapi Porprov Bali di bulan Nopember Tahun 2022 mendatang, Pengkab Persatuan Xiangqi Indonesia (Pexi) Kabupaten Buleleng, pada Minggu, 27 Februari 2022 melaksanakan seleksi tahap awal terhadap puluhan atlet Pexi di GOR Bhuwana Patra Singaraja.

Dari puluhan atlet yang diseleksi, Pengkab Pexi Buleleng berupaya mendapatkan atlet terbaik untuk mampu meraih medali. Dalam hal ini, Pengkab Pexi rencananya akan mengirim masing-masing 6 orang atlet putra dan putri.

Ketua Pengkab Pexi Buleleng I Gede Wayan Suparna mengatakan khusus untuk atlet putri sebanyak 4 orang berusia maksimal 19 tahun dan 2 orang lagi merupakan atlet senior.

“Kami lebih condong mengajak atlet yang usianya masih muda sebagai wujud pengkaderan atlet. Artinya pengkaderan atlet terus terbina dengan baik. Sehingga target perolehan medali dua emas, dua perak dan dua perunggu bisa terealisasi, lebih baik dari tahun sebelumnya. Dimana pada Porprov Bali Tahun 2019 lalu, hanya mendapatkan 6 perak dan 1 perunggu.” ujarnya

“Target perolehan medali di Porprov Bali mendatang, kita optimis dapat meraihnya. Karena ada beberapa batasan umur atlet dalam Porprov tahun ini. Selain itu pula pemetaan kekuatan kabupaten lain yang beberapa atletnya pindah ke daerah lain. Kondisi tersebut pun cukup menguntungkan bagi atlet Pexi untuk pencapaian terget.” tandas Gede Wayan Suparna.

Sementara itu seleksi atlet Pengkab Pexi dipantau langsung Ketua Umum KONI Buelleng I Ketut Wiratmaja. Dia pun berharap pemanyauan langsung yang dilakukan dapat memberikan motivasi bagi calon atlet Porprov.

“Pengkab Pexi sudah lakukan seleksi tahap awal. Kami juga harapkan untuk Pengkab-pengkab yang lain sudah melakukan seleksi atlet.Setelah ini sesuai rencana KONI akan melakukan seleksi tahap awal pada tanggal 18-20 Maret, ” ucapnya.

Baca Juga :
Hari Batik Nasional : Tidak Pakai Batik, Memilih Baris Di Belakang

“Pemetaan Pengkab Pexi untuk Porprov Bali tahun ini, akan ditindaklanjuti bidang sport intelegen. Sehingga target Pengkab Pexi untuk meraih 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu dapat tercapai.” tutup Wiratmaja. GS