Ket foto : Penanganan sampah di TPS Yangbatu pada Rabu (9/3). 

 

Denpasar, (Metrobali.com)

Pemkot Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) terus mengoptimalkan penanganan tumpukan sampah di beberapa TPS yang ada di  wilayah Kota Denpasar. Setelah di TPSS eks Pasar Loak, kali ini penanganan menyasar TPS Yangbatu pada Rabu (9/3). Hal tersebut merupakan langkah berkelanjutan guna mengantisipasi lonjakan sampah di TPS. Penanganan di TPS Yangbatu ditinjau langsung Camat Denpasar Timur, I Made Tirana bersama Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, I Made Sada.

Disela peninjauan, Camat Denpasar Timur, I Made Tirana didampingi Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, I Made Sada mengatakan bahwa agar seluruh jajaran telah bekerja optimal guna mengatasi penumpukan sampah pasca hari besar keagamaan. Pihaknya mengakui pasca hari raya keagamaan volume sampah mengalami peningkatan yang cukup significan. Dengan percepatan penanganan ini pihaknya berharap tumpukan sampah dapat tuntas secepat mungkin, sehingga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar.

“Sesuai arahan Bapak Walikota, kami akan kawal agar penumpukan sampah ini tertangani secepat mungkin, dan kami juga sudah kordinasikan kepada Perbekel/Lurah agar TPS dipantau, diantisipasi dan dioptimalkan pengangkutanya secara berkala oleh tim, sehingga sampah tidak meluber dan menumpuk,” kata Tirana

Kadis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa didampingi Kabid Kebersihan Wayan  Adi Wiguna mengatakan, saat ini petugas dari DLHK Kota Denpasar sedang melaksanakan penanganan. Sehingga seluruh sampah yang ada di TPS se-Kota Denpasar dapat ditangani.

“Saat ini kita terus bekerja, semoga cepat bisa segera tertangani,” jelasnya

Gustra menjelaskan, adapun sampah rumah tangga dan sisa upakara masih mendominasi. Sehingga saat ini pihaknya menerjunkan Alat Berat serta Armada Truk pengangkut guna mempercepat penanganan.

Baca Juga :
Dewan Nyatakan Tak Revisi Perda RTRW Bali

“Saat ini kami kerahkan  alat berat dan puluhan  armada dumtruck untuk mempercepat mengangkut sampah di TPS se-Kota Denpasar,” kata Gustra.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah yang berulang, warga masyarakat agar memperhatikan dan mentaati jadwal jam pembuangan sampah dan sampah sudah terpilah.

“Saat ini Pemkot Denpasar sedang menggenjot pembangunan TPS3R di Desa/Kelurahan  dan 3 TPST untuk menangani masalah sampah di Kota Denpasar,” katanya. (RED-MB)