Klungkung, (Metrobali.com)

Serangkaian Karya Mapadusan Agung dan Ida Bhatara Tedun Kabeh, di Pura Kahyangan Jagat Samuan Tiga, di Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Pemkab Klungkung ngaturang Bakti Pengayar pada Sukra Pon, Kulantir Jumat (22/4). Bakti penganyar dipimpin Langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra dan dihadiri segenap jajaran OPD Pemkab Klungkung.

Bakti penganyar merupakan kewajiban Pemkab Klungkung dalam memperkokoh spiritual umat serta wujud syukur dan srada bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Ida Bhatara ring Pura Samuan Tiga. Berharap Pemkab Klungkung senatiasa diberikan keselamatan dan kerahayuan serta diberikan tuntunan  untuk melaksanakan tugas serta menyejahterakan masyarakat. “Penganyar ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Klungkung dan Bali pada umumnya serta memohon pandemi Covid-19 segera berakhir dan kembali kehidupan normal,” harap Bupati Suwirta

Bendesa Pura Samuantiga, I Gusti Ngurah Made Serana, mengungkapkan, rangkaian upacara nyambut karya ini diawali dengan pecaruan yang dilaksanakan 1 April 2022. Bersamaan dengan nyambut karya yang dilaksanakan tradisi Ngambeng dan puncak karya sudah berlangsung pada Minggu 17 April 2022.

Tiga hari setelah puncak Karya Padudusan Agung, 20 April, Ida Bhatara Ratu Manca dan Ida Bhatara Pura Penataran Sasih Pejeng budal menuju Pura Payogan masing-masing. Ritual ini, diawali dengan tradisi Masiat Sampian yang iikuti lebih dari 400 pengayah Parekan dan puluhan Permas. “Sebagai akhir dari rangkaian Karya Padudusan Agung, Ida Bhatara akan Masineb tanggal 29 April 2022 mendatang,” ujar Gusti Ngurah Made Serana (RED-MB)

Baca Juga :
PHRI Bangli Apresiasi Komitmen Paslon SUTA-BAGUS Majukan Pariwisata Bangli