Denpasar (Metrobali.com)-

 

Kota Denpasar telah mengadakan kerjasama Sister City dengan beberapa kota di Australia. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) dengan Pemerintah Kota Denpasar, di mana KOPITU berperan sebagai pihak ketiga yang mengawal dan melakukan upaya penerapan hasil kerjasama yang disepakati.

Salah satu rencana yang sudah diupayakan adalah Penetrasi Pasar melalui platform digital di Darwin yang akan dilabeli dengan nama KOPITU House. Pasar digital berupa E-Store ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan kerjasama ke sektor yang lebih luas. Selain dengan adanya penetrasi, rencana ini juga diikuti dengan business match dengan pihak swasta yang akan ditangani oleh KOPITU. Selain itu beberapa sektor yang akan dijadikan subjek pengembangan diantaranya perdagangan, pariwisata, ketenagakerjaan dan iptek.

Hal ini disampaikan Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo saat bertemu dengan Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana pada Kamis (10/3) di Denpasar. Hadir pula Kadis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta serta Kabag Kerjasama, Ni Luh Putu Riyastiti.

Dalam kesempatan ini juga ditandatangani Kesepakatan Bersama/ MoU oleh Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo dan Ida Bagus Alit Wiradana selaku Sekretaris Daerah mewakili Walikota Denpasar. Dengan adanya penandatanganan MoU ini, maka KOPITU dan Pemerintah Kota Denpasar secara resmi dinyatakan sepaham dan memiliki tujuan yang sama tentang program Sister City yang akan dilaksanakan pada masa mendatang.

Di samping kota Darwin, kerjasama dengan kota lain di Australia seperti Canberra, Perth dan beberapa kota lain juga direncanakan akan turut dibentuk. Hal ini mengingat dengan adanya kerjasama yang komprehensif dengan berbagai kota berkembang akan dapat secara signifikan membantu perkembangan daerah menjadi lebih modern, berkesejahteraan dan maju dalam pembangunan.

Baca Juga :
Wandira Sebut Kemenangan Joe Biden Atas Petahana Bisa Juga Terjadi Pada Pilwali Denpasar 2020

Untuk membentuk mitra yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana menyampaikan  kerjasama Sister City dengan Kota Darwin, Australia dilakukan pada 3 bidang, yaitu Promosi Pariwisata dan Budaya, Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia. “ Kesepakatan bersama ini tentu menjadi bukti komitmen kuat kami untuk melakukan kerjasama yang baik antara Kota Denpasar dan kota kota di Australia. Sehingga  harapannya Kota Denpasar dapat menerima hal- hal baik dan bermanfaat dari kota kota di Australia,” ujarnya.

Sumber : Humas Pemkot Denpasar