Denpasar (Metrobali.com)-

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta mengharapkan pemerintah mendukung organisasi masyarakat (Ormas) yang memiliki jiwa budaya kebangsaan agar tidak ada lagi terjadi konflik antarormas sehingga keamanan negara tetap terjaga.

“Saya berharap ormas di Bali menjaga keamanan negara dan memiliki jiwa budaya kebangsaan sehingga tidak terjadi lagi saling sikut antarormas,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta di Denpasar, Sabtu (9/11).

Ia mengatakan, pemerintah sudah memberikan kebebasan berorganisasi dengan adanya ormas yang sekiranya mampu memberikan contoh baik kepada masyarakat untuk menjaga keamanan negara.

Pemerintah perlu melihat sisi positif adanya ormas yang memiliki jiwa budaya bangsa yang mampu membentuk karakter bangsa yang beretika, santun dan bermartabat sehingga gesekan antarormas dapat dihindari.

“RUU ormas tersebut menjadi tolak ukur acuan suatu pembentukan suatu organisasi,” katanya.

Ia mengatakan, perlu melakukan pemantauan ke dalam setiap ormas baru yang terbentuk di negara Indonesia sehingga perlu peran serta dari pemerintah pusat maupun daerah agar tidak terjadi kecolongan.

Made Mudarta menuturkan, ormas yang dibentuk Anas Urbaningrum yang bernama Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) perlu dipantau secara terus menurus agar tidak berseberangan dengan program pemerintahan.

Partai yang berlambangkan segitiga mercy tersebut akan berupaya melakukan konsolidasi di masing-masing daerah pemilihan untuk melakukan pemantauaan ke dalam apabila ada diinternal partainya bergabung dalam organisasi masyarakat.

“Kami tetap melakukan pemantauaan diinternal partai dengan berkoordinasi di masing-masing daerah pilihan (Dapil) provinsi maupun kabupaten/kota,” ujarnya. AN-MB

Baca Juga :
Amankan Arus Mudik Lebaran, Polda Bali Terjunkan 1300 Personil