Mangupura (Metrobali.com)-

Guna melestarikan keberadaan subak, Pemerintah Kabupaten Badung kembali menggelar lomba subak dan subak abian se-Badung tahun 2011. Pembukaan lomba subak yang sekaligus penilaian perdana oleh tim kabupaten dilaksanakan di Subak Pengelumbaran Pasedahan Yeh Kilap Petang, Desa Petang, Kecamatan Petang. Lomba dibuka Bupati Badung A.A. Gde Agung,SH didampingi Ketua DPRD Badung  I Nyoman Giri Prasta yang ditandai dengan pemukulan kulkul di Bale Serba Guna Desa Petang, Senin (10/10). Turut hadir Ketua WHDI Kabupaten Badung Nyonya Ayu Sudikerta dan Ketua Gatriwara Kabupaten Badung Nyonya Giri Prasta.

Bupati Badung AA. Gde Agung pada kesempatan tersebut mengatakan, lomba subak merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka melestarikan keberadaan subak di Kabupaten Badung. Melalui lomba subak dan subak abian ini diharapkan para petani termotivasi untuk dapat meningkatkan hasil produksinya terutama produksi pertanian organik. Dengan terwujudnya hasil-hasil produksi  yang organik minat para petani bisa semakin meningkat. Disamping kualitasnya meningkat juga minat pasar semakin tinggi, sehingga pembelinya banyak dan yang paling penting harganya juga semakin tinggi di bandingkan dengan produk-produk pertanian yang biasa (non organik), kata “ Gde Agung “

Kepala Dinas Pendapatan Daerah dan Pesedahan Agung Badung I Wayan Adi Arnawa, SH selaku Ketua Tim Penilai Kabupaten Badung yang diwakilkan Kepala Dinas Pertanian, Hutbun Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Ketut Sudaratmaja mengatakan, lomba tahun ini diikuti 4 subak dan 4 subak abian yang merupakan duta dari masing-masing kecamatan. Untuk lomba subak diikuti Subak Pengelumbaran Pesedahan Yeh Kilap Petang, Kecamatan Petang, Subak Teba, Pasedahan Yeh Penet, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Subak Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Subak Selasih, Pasedahan Yeh Lauh, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal. Sementara lomba subak abian diikuti, Subak Abian Blumbungan, Pasedahan Abiansemal, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Subak Abian Tani Jaya, Pasedahan D Kuta, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Subak Abian Manik Data Nugraha Pasedahan D Petang Desa Pangsan Kecamatan Petang, Subak Abian Winangun Desa Sembung Kecamatan Mengwi.

Baca Juga :
Polda Metro Jaya Lacak 7 Portal Berita Palsu